Sambut Revolusi Industri 4.0, IDIA Sumenep Gelar Seminar Nasional

SUMENEP, Jumat (28/12/2018) suaraindonesia-news.com — Menyambut Revolusi Industri 4.0, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Instiut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, bekerja sama dengan Bank Indonesia Kantor Wilayah IV Jawa Timur dan Masyarakat Ekonomi Syariah MES Sumenep menggelar Seminar Nasional yang bertajuk “Prospek Mahasiswa Islam dalam Membangun Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0” Kamis 7 Desember 2018.

Perhelatan yang dihadiri sekitar 500 peserta baik dari kalangan Mahasiswa IDIA, kampus-kampus tetangga seperti IAIN Madura kemudian santri kelas akhir dari Ma’had Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah dan Ma’had Tahfidzil Qur’an dihelat di gedung Auditorium TMI Putra Pondiok Pesantren Al-Amien Prenduan.

Acara yang dimulai pada pukul 14.00 dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. KH. Holilur Rahman, M.H.I. dalam orasinya Doktor Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta mengungkapkan keoptimisannya bahwa Revolusi Industri 4.0 akan meningkatkan segala aspek kemampuan mahasiswa baik dalam Segi Spritual, Intelektual dan Emosional.

Dalam Epilognya, Dekan kelahiran Kota Salak Bangkalan ini mengharapkan ada sebuah tindak lanjut dari kegiatan ini. “Tidak hanya pemateri, semua komponen wajib baik dosen ataupun mahasiswa harus ambil andil dalam menyukseskan seminar ini,” terangnya.

Senada dengan sambutan Dekan FEBI, Kepala BI Kantor Wilayah IV Jawa Timur bapak Difi Ahmad Johansyah selaku Keynote Speaker mengungkapkan kekagumannya kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

“Baru dua tahun berdiri tapi semangat mahasiswanya sudah seperti sepuluh tahun berdiri,” ungkapnya yang diikuti tepuk tangan peserta.

Ada dua Nara Sumber lain yang menemani Kepala BI Kanwil IV Jatim. Yang pertama Dr. H. Ahmad Djalaluddin, Lc. MA. (Ketua Prodi Magister Ekonomi Syariah UIN Malang) dan Mujibno, MM. (Ketua Prodi Perbankan Syariah FEBI IDIA Prenduan).

Dengan terselenggara seminar ini, Bank Indonesia, IDIA Prenduan dan MES diharapkan bisa bersinergi dan bahu membahu satu sama lain dalam menyongsong dan Menjawab Tantangan dan Peluang Revolusi Industri 4.0 dengan Ekonomi Kreatif berbasih Syariah yang diinisiatori oleh Mahasiswa-mahasiswa Islam, perguruan-perguruan tinggi Islam dan tidak ketinggalan pula Pesantren sebagai basis pendidikan Islam di Indonesia.

Reporter : Amin
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here