Rektor UM Jember Teken Nota Kerjasama dengan Bupati Bondowoso

oleh -233 views
Rektor UM Jember dan Bupati Bondowoso memperlihatkan nota kesepakatan yang telah diteken. (Foto: Guntur Rahmatullah/SI).

JEMBER, Minggu (26/09/2021) suaraindonesia-news.com – Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) menggelar Wisuda ke-45 Sarjana (S1), Magister (S2), Ahli Madya (D3) Semester Genap 2020-2021 secara luring. Pada hari kedua wisuda tersebut, Rektor UM Jember, Dr. Hanafi, M.Pd meneken nota kesepakatan kerjasama dengan Bupati Bondowoso, Drs. K.H. Salwa Arifin, Minggu (26/09).

“Wisuda ini dilaksanakan secara luring terbatas, wisuda ke 45 ini dilaksanakan selama dua hari mulai Sabtu kemarin dan hari ini terakhir. Seluruh wisudawan telah menerapkan protokol kesehatan, kita pisah ada yang di dalam gedung dan di luar gedung dan tanpa kehadiran orangtua para wisudawan wisudawati,” ungkap Ketua panitia, Dr. Bagus Setya, M.Kom.

Menurut Bagus, kerjasama UM Jember dengan Pemkab Bondowoso sudah terjalin lama, dan saat ini penandatangan nota kesepakatan kerjasama ini untuk menegaskan bahwa kerjasama yang sudah terjalin selama ini terus berjalan.

Adapun fokus kerjasama saat ini meliputi pemberdayaan warga desa berbasis desa wisata, membangun desa pintar (smart village), serta pendampingan UMKM produk unggulan Kabupaten Bondowoso.

“Ini adalah wujud upaya kami melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, yang salah satunya yaitu pemberdayaan masyarakat. Saat ini yang menjadi perhatian UM Jember yaitu penanganan Covid-19 baik dari kesehatan, juga dari sektor ekonominya dengan membantu UMKM, desa wisata serta berbagai potensi lainnya,” sambungnya.

Dalam wisuda hari kedua ini, sebanyak 82 orang wisudawan berasal dari Bondowoso, dari total 584 mahasiswa yang diwisuda.

Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin menyampaikan, 82 wisudawan asal Bondowoso tersebut diharapkan dapat mengabdikan ilmunya kepada masyarakat Bondowoso.

“Saya berterimakasih atas kesepakatan kolaborasi ini, pengembangan potensi-potensi yang ada di Bondowoso perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk dari Universitas Muhammadiyah Jember,” ungkap Salwa.

Dia berharap kolaborasi ini dapat terus berlangsung untuk mendukung kemajuan Kabupaten Bondowoso.

Bupati Salwa menutup sambutannya dengan pesan kepada para wisudawan.

“Kita dituntut untuk mampu mengimplementasikan ilmu yang kita dapatkan. Semakin tinggi ilmu itu tanpa hidayah, sesungguhnya seorang hamba itu semakin jauh dari Allah, kecuali bagi mereka yang mencari hidayah, bagaimana caranya, yaitu dengan mengamalkan ilmu tersebut untuk kebaikan ummat sehingga tambah dekat kepada Allah,” pesannya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *