Alami Kekeringan, Sejumlah Desa Dapat Bantuan Air Bersih dari PASS 2 Pati

oleh -147 views
Komunitas pemuda PASS 2 Pati bersama KPPP, Emak - Emak Peduli dan Puskom Pati menggelar bakti sosial berupa bantuan air bersih bagi warga yang membutuhkan.

PATI, Minggu (26/09/2021) suaraindonesia-news.com – Komunitas pemuda yang menamakan diri PASS 2 Pati memberikan bantuan air bersih ke sejumlah desa di wilayah Kabupaten Pati yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

Bantuan air bersih tersebut dilakukan PASS 2 Pati bersama KPPP Koalisi Pemuda Peduli Pati (KPPP), Emak-Emak Peduli dan Puskom Pati. Penyaluran air bersih dilaksanakan mulai Kamis hingga Minggu (23-26/09/2021). Per hari, ada 3 truk tangki yang dikirim ke wilayah yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

Bantuan menyasar warga di Dukuh Lemahabang dan Dukuh Kedungwah Desa Sinom Widodo serta Desa Keben Kecamatan Tambakromo.

Selanjutnya, di Desa Pasuruan Kecamatan Kayen sebanyak 4 lokasi. Di Desa Kedungmulyo 6 lokasi dan Desa Ngastorejo Kecamatan Jakenan, 3 lokasi. Dan Desa Mojolampir Kecamatan Jaken, 2 lokasi.

Bantuan air bersih hasil swadaya anggota komunitas tersebut, juga menyasar warga di Dukuh Ngobongan Desa Tanjungsekar Kecamatan Pucakwangi, Desa Tlogoayu Kecamatan Gabus dan Dukuh Gendohan Desa Sarimulyo Kecamatan Winong.

Hari ini, giliran warga di Dukuh Pengilon Desa Tanjung Sekar Kecamatan Pucakwangi juga mendapat kiriman air bersih.

Ketua PASS 2 Pati, Erna mengatakan, bantuan itu merupakan lanjutan dari kegiatan bakti sosial yang telah rutin digelar oleh kelompoknya setiap hari Kamis.

“Namun, mulai Kamis 23 September hingga Minggu ini, kami memberikan bantuan berupa air bersih kepada warga yang sangat membutuhkan,” terang Erna.

Bantuan air bersih itu, lanjutnya, akan terus diberikan setiap hari sesuai daftar permintaan.

Ketua KPPP, Djunaedi menambahkan, musim kemarau saat ini membuat sebagian wilayah Kabupaten Pati, terutama dibagian selatan, mengalami kekeringan.

“Beberapa wilayah seperti di Kecamatan Pucakwangi, Tambakromo, Kayen, Gabus dan Sukolilo, sebagian warga kekurangan air bersih. Sehingga kami tergerak untuk membantu dengan mengirim air bersih,” kata Djunaedi.

Dia berharap, bantuan itu akan dapat membantu dan bermanfaat bagi warga.

“Sekaligus mendorong komunitas atau organisasi lainnya untuk turut peduli dan membantu warga yang sedang membutuhkan”, tuturnya.

Bakti sosial yang terselenggara itu menjadi agenda rutin PASS 2 Pati dan KPPP, dimulai sejak pandemi Covid-19 melanda. Bantuan berupa makanan, sembako, masker, penyemprotan disinfektan dan air bersih. Khusus bantuan air bersih ini merupakan kegiatan yang ke – 40, dengan motto ‘Migunani Tumpraping Liyan’ yang berarti berguna bagi sesama.

Reporter : Usman
Editor : Moh Hasanuddin
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *