Refleksi Peristiwa Tsumani Aceh, Pj. Bupati Aceh Utara dan Ribuan Jamaah Larut Dalam Dzikir dan Doa Bersama

oleh -6 views
Foto : Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dan ribuan Jamaah mengikuti dzikir dan doa bersama di Masjid Agung Baiturrahim, Lhoksukon, Aceh Utara dalam refleksi Tsumani Aceh 18 tahun silam. Senin (26/12/2022)

ACEH UTARA, Senin (26/12/2022) suaraindonesia-news.com – Tanggal 26 Desember 2004 silam, tragedy memilukan dalam sejerah yang menewaskan ratusan ribu jiwa di Aceh. Peristiwa Tsunami ini juga menjadi cacatan dunia yang tak terlupakan.

Mengenangan peristiwa dahsyat suami ke 18 tersebut, tepatnya hari 26 Desember 2022, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dan ribuan jamaah sholat subuh menggelar zikir dan doa bersama, sekaligus memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H yang berlangsung di Masjid Agung Baiturrahim, Lhoksukon, Aceh Utara.

Aparatur pemerintah setempat dan ribuan jamaah lainnya larut dalam dzikir dan doa bersama.

Kegiatan itu juga turut menghadiri Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, para pejabat Forkopimda Aceh Utara, Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, Wakapolres Kompol Rizal Antoni, Kasie Intelijen Kejari Aceh Utara Arief Kadarman, Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara Drs H Maiyusri, Mantan Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib, mantan Wakil Bupati Fauzi Yusuf.

Kemudian Sekda A Murtala, para Staf Ahli dan para Asisten, para Kepala SKPK dan para Camat, para pimpinan Ormas Islam se-Aceh Utara, para Ketua BKM Masjid dalam Kecamatan Lhoksukon, Muspika Lhoksukon, dan para tokoh masyarakat setempat.

Diperkirakan sekitar 3.000 jamaah hadir memenuhi ruangan Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon. Kegiatan tersebut diawali dengan shalat subuh berjamaah, berikut dilanjutkan dengan dzikir, shalawat dan doa bersama dipimpin oleh Tgk H Jamaluddin Ismail (Walidi) yang juga Imum Syik Masjid Agung Baiturrahim.

Kegiatan zikir baru selesai pada waktu dhuha atau sekitar pukul 07.00 WIB yang dilanjutkan dengan menikmati kenduri bersama di pelataran masjid.

Kegiatan yang lebih bertemakan Maulidul Rasul ini sempat tertunda dari jadwal sebelumnya, akibat bencana banjir Aceh Utara sepanjang medio Agustus 2022 hingga hari ini.

Jadwal yang sebelumnya direncanakan pada 10 Oktober 2022 lalu ini diurungkan menjadi agenda kegiatan penghujung tahun dan menjadikan momen Maulid sebagai momen zikir dan doa untuk para syuhada korban bencana Tsnami Aceh silam.

Atas suksesi kegiatan ini, Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, dalam sambutannya antara lain menyampaikan terimakasih kepada panitia atas terlaksananya kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan zikir renungan bencana tsunami Aceh yang terjadi 18 tahun lalu. Penghargaan juga kepada segenap jamaah yang telah berkenan menghadiri kegiatan tersebut.

“Melalui peringatan Maulid ini, insyaAllah kita bisa mereguk keberkahan dan mengevaluasi diri, seraya mempertebal ubudiyah kepada Allah SWT. InsyaAllah kita harapkan akan datangnya syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari akhir kelak,” kata Azwardi.

 

Reporter: Efendi Noerdin
Editor: M Hendra E
Publisher: Nurul Anam

Tinggalkan Balasan