Putus Penyebaran Covid-19, Bupati Busyro Himbau Warga Sumenep Sholat Tarawih di Rumah

oleh -132 views
Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim saat memimpin konferensi pers yang bertempat di Rumah Dinas Bupati Sumenep. Jumat (24/4/2020) malam.

SUMENEP, Sabtu (25/4/2020) suaraindonesia-news.com – Bupati Dr. KH. A. Busyro Karim menghimbau warga Sumenep agar pelaksanaan sholat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing. Hal tersebut ia sampaikan paska terkonfirmasinya empat warga Sumenep, Madura, Jawa Timur yang terkonfirmasi covid-19.

Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu.

“Sholat tarawihnya lebih baik di rumah saja bersama keluarga inti,” katanya dalam jumpa pers dengan sejumlah media di rumah dinas (rumdis).

Sebab, lanjut politisi senior partai PKB ini, menjaga keselamatan jiwa itu jauh lebih penting. Apalagi, sholat tarawih itu merupakan sunnah.

“Bukan meninggalkan sholat tarawih. Tapi, kami tegaskan untuk menjalankan sholat tarawih, tapi di rumah saja. Bahkan, ibadah wajib saja bisa digugurkan jika mengancam jiwa,” ungkapnya dengan nada serius.

Bupati juga menghimbau agar dalam pelaksanaan sholat Jumat untuk dipercepat guna menghindari  kerumunan banyak orang di tengah kebijakan ‘physical distancing’ atau jaga jarak.

“Yang penting dibaca rukun-rukunnya, surat-suratnya, juga baca yang pendek-pendek agar cepat pulang. Masyarakat Sumenep saat ini harus begini selama ada virus Corona,” katanya.

Langkah ini diambil, menurut mantan Ketua DPRD dua periode ini, karena Kabupaten dengan slogan Kota Sumekar ini telah beralih status dari zona hijau menjadi zona merah. Sehingga, diperlukan langkah untuk memutus mata rantai ini.

“Saat ini sudah ada 4 orang yang terkonfirmasi covid-19 ini. makanya, jangan dianggap enteng masalah virus ini,” tuturnya.

Suami Nur Fitriyana ini menambahkan, pihaknya meminta masyarakat tidak menganggap virus ini enteng. Makanya, diperlukan gerak bersama untuk memutus mata rantai ini.

“Gerakan bersama memutus virus corona selain di atas, maka hendaknya menggunakan masker, jaga jarak, dan sering-sering cuci tangan, dan tetap jaga kesehatan,” pintanya.

Empat warga Sumenep sudah terkonfirmasi covid-19. Yakni, 3 orang berjenis kelamin laki-laki dan satu orang perempuan.

Reporter : Yat
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan