Program Pertanian Meningkatkan Produktifitas Petani Di Kecamatan Lenteng

oleh -177 views

Program Pertanian Meningkatkan Produktifitas Petani Di Kecamatan Lenteng

Sumenep, suaraindonesia-news.com – Pengembangan tanaman pangan mendapat prioritas utama oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep, mengingat sampai saat ini masih kekurangan pangan khususnya padi, oleh karena itu dicanangkan program optimasi lahan” guna mengolah dan memberdayakan lahan yang kurang produktif menjadi lahan produktif yang mana banyak terdapat didaerah pedesaan.

Salah satu tujuan kegiatan Program Optimasi Lahan ini adalah untuk meningkatkan Produksi dan meningkatkan IP (Indeks Pertanaman) yang diarahkan melalui peningkatan kesuburan tanah (peningkatan bahan organik dalam tanah)”,Gapoktan Harapan Makmur yang di ketuai “Moh. Ramli menuturkan dengan program ini petani bisa panen dua kali dalam satu tahun.  dan dengan  Metode “SRI” yang giat dikenalkan Kementerian Pertanian sejak tahun 2005 ini diharapkan dapat memicu semangat petani untuk mengembangkan budidaya padi metoda SRI lebih lanjut, dan kelak akan meningkatkan produksi beras nasional.

Sejalan dengan program pembangunan pertanian, khususnya pada sektor tanaman pangan padi dan jagung yang ada kec. Lenteng , modal merupakan suatu masalah untuk membiayai perbaikan Jaringan Irigasi Usaha Tani (Jitut), yang mana kegiatan ini bertujuan memperbaiki/penyempurnaan jaringan irigasi dan menambah luas areal pelayanan, kelompok Hippa Tirta Jaya yang di ketuai “Moh. Ruki menyatakan  mudah-mudahan program peningkatan produksi pertanian dapat terwujud sehingga para petani bisa meningkatkan taraf hidupnya dan yang pada akhirnya kesejahteraan akan tercapai.

Kepala UPT Pertanian Kec. Lenteng “Taufikurrahman” menyebutkan ada tiga program yang direalisasikan di kec. Lenteng  yaitu kelompok yang menjalankan program optimasi lahan, SRI dan Jitut. “Taufikurrahman” berharap masuknya 3 program ini  petani bisa menjalankan program tanpa ada kendala apapun dan bisa meningkatkan IP (Indeks Pertanaman) untuk meningkatkan produktifitas padi dan dapat mendukung program P2BN.

Reporter : Sar

Tinggalkan Balasan