Program JKN-KIS Sangat Bermanfaat, Berikut Cerita Elynova Batubara

oleh
Elynova Batubara, Manager Pelayanan dan Penjualan Kantor Pos Gunungsioli 22800, yang berjuang menjaga kesehatannya bersama JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat).

GUNUNGSITOLI, Jumat (28/2/2020) suaraindonesia-news.com – Kesehatan adalah harta yang tidak ternilai, sebab segala aktifitas dan kebutuhan hanya dapat terpenuhi dengan baik, jika kita dalam kondisi sehat. Inilah yang disampaikan oleh Elynova Batubara, Manager Pelayanan dan Penjualan Kantor Pos Gunungsioli 22800, yang berjuang menjaga kesehatannya bersama JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat).

Menurut Elynova perempuan berusia 25 tahun, menceritakan bahwa dirinya bangga dan bersyukur atas adanya program JKN-KIS di Indonesia.

“Saya bangga dan syukur atas adanya program JKN-KIS di Indonesia, bahkan program ini mampu merangkul dan dimanfaatkan oleh semua orang dari semua kalangan,” ujarnya.

Ia menceritakan, di bulan Juli 2015, dirinya pernah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan JKN-KIS. Pada waktu ia baru saja menyelesaikan masa perkuliahan, namun ia harus menjalani operasi karena suatu jenis penyakit.

“Setelah mendapatkan rujukan dari puskesmas tempat saya terdaftar, saya langsung pergi menuju RSUP Haji Adam Malik. Kagum, adalah ekspresi pertama saya ketika berobat dan mengantri di rumah sakit ini. Begitu ramai orang yang berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Artinya sudah banyak orang yang tertolong melalui program ini. Apa yang saya lihat di hari itu, masih belum seberapa jika dikalikan dengan jumlah kunjungan tiap minggu, bulan, bahkan tahun. Jika dikalikan, angka pemanfaatannya pasti sangat fantastik, dan itu membuat saya berdecak kagum,” tutur tim Jamkesnews menjelaskan apa yang disampaikan Elynova Batubara, Kamis (27/02).

Elynova Batubara juga bersyukur dengan gotong royong peserta JKN-KIS yang telah membantu biaya operasinya kala itu.

“Kekagum ini berlanjut ketika saya telah selesai menjalani serangkaian pengobatan dan tindakan operasi. Pihak rumah sakit menyampaikan bahwa seluruh biaya pengobatan saya telah ditanggung oleh JKN-KIS. Mengetahui hal ini, saya dan keluarga bertekad untuk terus berjuang bersama-sama dengan jutaan peserta JKN-KIS untuk bergotong royong membantu sesama,” jelasnya melanjutkan penuturan Elynova.

Manager Pelayanan dan Penjualan Kantor Pos Gunungsitoli 22800 ini tetap bangga dan bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS.

“Ditahun 2019 dan 2020, saya juga pernah mengakses layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Pulau Nias, tempat saya ditugaskan. Tidak ada kendala apapun yang saya dapati ketika berobat menggunkan JKN-KIS. Semua dilayani dengan baik dan cepat sesuai dengan prosedur. Sekalipun saat ini saya sudah bekerja, bagi saya menjadi peserta JKN-KIS yang taat prosedur dan taat membayar iuran adalah sebuah kebijaksanaan yang tepat. Melalui iuran yang saya setorkan, saya telah membantu sesama manusia dan itu manfaatnya sangat luar biasa, karena saya dan keluarga pernah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan kartu JKN-KIS,” bebernya.

Disisi lain, dirinya mengapresiasi inovasi BPJS Kesehatan, yang terus memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS dalam mengakses layanan kesehatan.

“Sejak munculnya aplikasi Mobile JKN di play store, saya langsung mendownloadnya dan menggunakan aplikasi ini sesuai kebutuh. Saya menggunakannya untuk kebutuhan informasi pelayanan, informasi lokasi FKTP terdekat, dan untuk melakukan perpindahan FKTP. Bagi saya aplikasi ini sangat membantu para peserta sehingga bisa efektif dan efisien dalam mendapatkan layanan administrasi JKN-KIS, tanpa harus datang ke kantor. Baru baru ini, saya juga mendengar adanya sistem antrean online di aplikasi Mobile JKN. Bagi saya, aplikasi dan layanan JKN-KIS di BPJS Kesehatan layak diapresiasi. Kami berharap BPJS Kesehatan terus berinovasi memberikan kemudahan dan manfaat bagi peserta JKN-KIS,” tutupnya.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *