Polres Sumenep Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Bersama Instansi Terkait

oleh
Kapolres Sumenep, Deddy Supriadi bersama Instansi terkait saat simulasi evakuasi korban bencana di Sungai Kebunagung, Sabtu (4/1/2019).

SUMENEP, Sabtu (4/1/2020) suaraindonesia-news.com – Kepolisian Resort (Polres) Sumenep menggelar simulasi kesiapan penanggulangan bencana di sungai Kebunagung Desa Kebunagung, Kecamatan Sumenep Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (4/1) sekira pukul 16.30 Wib.

Pada kegiatan ini, Polres Sumenep bekerjasama dengan Dinas terkait diantaranya, Kodim 0827, BPBD, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Pemerintah Kecamatan Batuan, Kepala Desa Kebunagung.

Kapolres Sumenep, AKBP Deddy Supriadi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk tetap siaga dalam menghadapi bencana alam, maka dari itu diadakanlah simulasi penanggulangan bencana alam yang langsung kerjasama dengan dinas terkait.

“Kegiatan ini lebih ditekankan bahwanya selama ini kita telah terlatih, namun ini tidak bisa dikatakan terlatih jika tidak dibarengi praktek ataupun latihan,” terang Kapolres Sumenep pada media ini.

Lanjut Deddy, simulasi ini menunjukkan kesiagaan khususnya Kabupaten Sumenep, mengingat diperkirakan bulan ini terjadinya cuaca yang sangat ekstrim.

“Bulan Januari ini debit curah hujan sangat tinggi, sangat di mungkinkan akan terjadi sewaktu-waktu adanya bencana ataupun banjir,” jelasnya.

Kegiatan ini, beberapa personil yang sudah siap dikerahkan turun lapangan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Supaya bisa siaga dalam menghadapi bencana yang terjadi setiap saat.

“Dalam kegiatan penanggulangan bencana kali ini, sementara dikerahkan 150 personil, dan untuk kedepan akan dilakukan secara berkala. Untuk kegiatan ini bukan hanya di sungai ataupun banjir akan tetapi juga akan di adakan di kepulauan terkait adanya ombak tinggi dan semacamnya, yang bisa memakan korban,” ungkapnya.

Harapan dalam kegiatan ini merupakan senergitas antara instansi. “Diharapkan juga kesiap siagaan bukan hanya dimiliki oleh satu pihak, akan tetapi dari setiap pihak instansi tersebut selalu siap kapanpun dan di manapun,” pungkasnya.

Reporter : Dayat
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *