Piodalan Pura Madaragiri Senduro Lumajang Dibanjiri Umat Hindu Bali

oleh -284 views
Foto: Bejo Sampurno, pedagang batu akik dan pusaka saat melayani konsumen.

LUMAJANG, Rabu (13/7/2022) suaraindonesia-news.com – Ratusan umat Hindu di Bali mengahadiri Piodalan yang merupakan acara ulang tahun Pura Senduro dan dilaksanakan setiap bulan Juli. Kegiatan tersebut di mulai sejak tanggal 11 hingga 24 Juli 2022 mendatang.

Untuk puncak acaranya, diadakan di tanggal 13 Juli 2022 sekaligus pembukaan acara Piodalan dan Puncak Karya Pujawali.

Pura Mandara Giri Senduro sendiri merupakan Pura yang dituakan di Nusantara yang ada di Kabupaten Lumajang tepatnya di Kecamatan Senduro.

Dalam kegiatan Piodalan Pura Mandara Giri ini, juga diramaikan oleh beberapa pedagang barang antik seperti pusaka dan batu akik.

Salah satu pedagang Batu Akik dan Pusaka, Bejo Sampurno (42), warga desa Pulo mengatakan, bahwa pihaknya menyewa di rumah warga untuk mencari rejeki dan mengenalkan komunitas ke warga Bali yang hadir ke Pura Senduro.

“Saya berharap Piodalan tahun depan Pemerintah Lumajang bisa mewadahi komunitas kita untuk berjualan di acara Piodalan Pura Senduro secara bersama-sama,” ujarnya.

Bejo menambahkan, jika Pemerintah Lumajang bisa menampung para pegiat pedagang barang antik tersebut, tidak menutup kemungkinan menjadi potensi seni budaya Lumajang lebih dikenal kalangan luas.

“Ini kesempatan bagus untuk kita bisa memamerkan barang antik dalam kegiatan Piodalan ini, karena saat ini umat Hindu Bali membanjiri Pura Senduro,” pungkasnya.

Reporter : Didik Pramono

Editor : Nurul Anam

Publisher : Miftahol Hendra Efendi

Tinggalkan Balasan