Peringati HUT RI Ke 72, GTP Ajak Semua Komponen Masyarakat Budayakan Menanam Pohon

Foto: Inisiator GTP Heri Cahyono (kiri) Camat Tanah Sareal Asef Kartiwa (kanan). (Foto: Iran/SI)

BOGOR, Minggu (20 Agustus 2017) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka memperingati HUT RI Ke 72 Komunitas Tanam Pohon (GTP) mengajak seluruh komponen masyarakat Kota Bogor, agar terus membudayakan menanam pohon, sehingga tanaman menjadi bagian penting untuk lingkungan masyarakat.

Seluruh komponen masyarakat, mulai pelajar, mahasiswa, organisasi masyarakat, pegawai negeri sipil dan swasta harus berperan aktif menciptakan lingkungan yang hijau.

“Peringatan HUT RI Ke 72 ini bisa menjadi momentum untuk mencintai tanaman, sehingga menjadi mata rantai kehidupan yang harus terus dibudayakan,” demikian dikatakan salah satu inisiator GTP Heri Cahyono kepada wartawan saat menanam pohon di kelurahan kedung waringin kota bogor, jawa barat minggu (20/8).

Mewujudkan lingkungan yang hijau, diharapkan ada tiga komponen yang harus saling mendukung, yakni pemerintah, swasta dan masyarakat. Karena dengan kebersamaan tersebut, diharapkan lingkungan yang baik dapat tercipta. Apalagi, di sektor swasta ada program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang berperan mendukung pembangunan lingkungan, katanya.

Menurutnya, sebelum Republik Indonesia ini Merdeka, Nusantara ini adalah Jambrut Khatulistiwa karena kaya akan rempah rempah, tetapi pada era tahun 1970 hingga 1980 an terjadi penebangan hutan secara besar besaran hingga mencapai 500 HPH.

Dampak dari penebangan tersebut menjadikan daerah daerah seperti sumatra utara membuka perkebunan seperti kebun kelapa sawit, ujarnya. Baca Juga: Serangan Fajar dalam Berbagi Kasih

“Oleh karena itu, kita sebagai penerus bangsa khususnya GTP wajib untuk menjaga bahkan mengembalikan nama Jamrud Khatulistiwa seperti yang sempat disandang oleh Nusantara ini,” terangnya.

Sementara Camat Tanah Sareal Asef Kartiwa menuturkan, menyambut baik kegiatan yang dilakukan GTP.

Dikatakan Asef, untuk penanaman yang dilakukan hari ini Minggu (20/8) di Keluhuran Kedung Waringin ini adalah berupa simbolis, yang mana diharapkan masyarakat Kota Bogor, khususnya warga kelurahan kedung waringin mengikuti langkah yang dilakukan GTP dengan menanam pohon di pekarangan rumahnya masing masing.

“Kami juga terus mensosialisasikan kepada warga kami agar peduli dengan lingkungan dengan cara menanam pohon pekarangan rumah masing masing, sehingga dengan kesadaran warga akan dapat menekan global warning,” pungkasnya. (Iran G Hasibuan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here