Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Kepala PD Pemkot Probolinggo Jalani Pemeriksaan Kesehatan dan Rapid Antigen

oleh -5 views
Sekda Kota Probolinggo, drg Ninik Ira Wibawati saat jalani pemeriksaan kesehatan, Jumat (21/5/2021).

PROBOLINGGO, Jumat (21/5/2021) suaraindonesia-news.com – Usai libur lebaran, pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo menjalani sejumlah rangkaian pemeriksaan kesehatan dalam Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) sekaligus Rapid Tes Antigen, Jumat (21/5) di Ruang Puri Manggala Bakti, Kantor Wali Kota.

Pemeriksaan kesehatan secara rutin ini digelar dalam rangka perayaan Hari Hipertensi Sedunia yang diperingati pada tanggal 17 Mei setiap tahunnya. Hipertensi merupakan istilah medis dari kondisi medis dengan tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat memicu berbagai komplikasi dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, hingga kematian. Oleh karena itu, hipertensi disebut sebagai salah satu penyebab umum kematian di dunia.

Plt Kepala Dinkes P2KB dr NH Hidayati mengatakan, siapa pun orangnya bisa terkena hipertensi.

“Beberapa faktor risiko yang dapat memicu hipertensi di antaranya, diet tidak seimbang dengan tingginya asupan garam, lemak jenuh, dan lemak trans, kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok dan konsumsi minuman berakohol, serta kelebihan berat badan,” jelasnya.

Orang dengan riwayat hipertensi pada keluarga, juga berisiko mengalami kondisi serupa, lanjutnya.

“Apalagi di suasana lebaran dalam masa pandemi seperti sekarang ini, kesehatan dari para pejabat ini perlu kita cek, untuk mengetahui statusnya terhadap Covid 19 dengan melakukan rapid antigen. Alhamdulillah hasil rapidnya semua negatif,” katanya.

Melalui posbindu yang diadakan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB), pemeriksaan itu diharapkan dapat menjadi skrining rutin terhadap penyakit tidak menular. Pemeriksaan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, diikuti oleh 42 kepala perangkat daerah, termasuk Sekda drg Ninik Ira Wibawati.

Pemeriksaan kesehatan itu sendiri meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah, cek kolestreol, asam urat, diabetes, konseling dokter, dan pemeriksaan rapid tes antigen.

Sekda Kota, drg Ninik Ira Wibawati saat ditemui usai pemeriksaan mengatakan, bahwa giat ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh, pasca merayakan hari lebaran idul fitri bersama keluarga.

”Lebaran, identik dengan menu makanan enak seperti opor, dan kue-kue kering yang menggoda selera. Saking menikmatinya, tanpa disadari kolesterolnya naik. Seperti yang saya alami ini, tapi ini sekaligus jadi peringatan bagi kita agar mulai hati-hati lagi dalam mengontrol kesehatan tubuh kita, untuk kualitas hidup sehat lebih lama,” terangnya.

Sementara, dokter Ike Yuliana dari Puskesmas Kanigaran, sebagai narasumber memberikan informasi seputar penyakit tidak menular pada para pejabat yang hadir.

Dalam kesempatan itu ia menjelaskan pengukuran tekanan darah secara mandiri melalui aplikasi Direktorat Pencegahan Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan “Gerakan Pengukuran Tekanan Darah Secara Mandiri” selama Bulan Mei 2021 melalui aplikasi http://cegahhipertensi.top.

Menurutnya, aplikasi tersebut dapat membantu mengukur tekanan darah dan mengetahui kategori tekanan darah penggunanya.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *