Terus Berikan Pelayanan Terbaik Pada Masyarakat, Program PCC Jalin Kerja Sama Sejumlah Lembaga

oleh -36 views
Program Pamekasan Call Care (PCC) yang digagas Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam.

PAMEKASAN, Jumat (21/05/2021) suaraindonesia-news.com – Program Pamekasan Call Care (PCC) yang digagas Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam terus berbenah dalam upaya memberikan manfaat lebih luas dan terbaik kepada masyarakat.

Sebelumnya, Program tersebut merupakan terobosan Mas Tamam hanya fokus kepada layanan konsultasi kesehatan via telpon dan layanan antar-jemput orang sakit ke tempat layanan kesehatan, saat ini sudah bertambah.

Koordinator Operator PCC, Amir Chamdani mengungkapkan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan badan perlindungan pekerja migran Indonesia (BP2MI) sebagai upaya menfasilitasi dan membantu masyarakat Pamekasan.

“Jika ada janazah dari luar negeri kami kerja sama juga dengan desa agar tidak diurus sendiri, karena nanti biaya kargo sama ambulance akan ditanggung oleh kantor BP2MI tersebut,” kata Amir Chamdani, Koordinator Operator PCC, Jumat (21/5/2021).

Pihaknya juga menfasilitasi masyarakat bumi Gerbang Salam yang ingin mengurus surat keterangan tidak mampu (SKTM) serta pengurusan administrasi kesehatan antar daerah.

“Misalnya rumah sakit di luar Madura yang persyaratannya cenderung berbeda. Prosedur mengurus rumah sakit di jawa karena tidak pengalaman, urutannya bagaimana, SOPnya bagaimana, akan kami kasih tau dan akan difasilitasi,” tambahnya.

Nantinya juga akan bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan pemerintah desa, untuk mengedukasi masyarakat tentang tata cara memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dan musibah lainnya.

“Pelatihan dasar saja, bagaimana kasus yang terjadi di masyarakat tidak salah angkat, tidak salah kirim ke rumah sakit. Jadi, kami sebagai pelayan terdepan, karena kasus gawat darurat itu harus tepat waktu dan tepat cara pelayanan. Sehingga dapat terselamatkan,” tandasnya.

Menurutnya, Program PCC tersebut merupakan terobosan Bupati Pamekasan di bidang kesehatan yang turunannya memberikan mobil SIGAP (Siaga-Tanggap-Peduli) kepada 178 desa di 13 kecamatan.

Melalui program itu, masyarakat dapat konsultasi kesehatan gratis dan meminta layanan antar-jemput via nomor telpon yang telah ditempel di mobil SIGAP dan stiker yang telah dipasang di rumah warga dan tempat tempat umum. Hal itu dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan secara gratis. Sebab, gagasan program itu muncul setelah melihat realitas sosial tentang tingginya biaya layanan kesehatan bagi orang kurang mampu.

Reporter : My
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *