Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Pati Ditarget 14 Persen di 2024

oleh -12 views
Foto: Koordinasi penanganan stunting di Kabupaten Pati.

PATI, Jumat (21/06) suaraindonesia-news.com – Penurunan angka stunting di Kabupaten Pati pada 2024 ini, ditargetkan sebesar 14 persen.

Hal itu bisa tercapai apabila ada langkah- langkah konkrit dan terukur, serta adanya kerjasama dan komitmen dari semua pihak.

Hal itu disampaikan Sekda Kabupaten Pati, Jumani, dalam sambutan pada Rembug Stunting, yang digelar di pendopo kabupaten setempat, Jumat (21/06/24).

“Dengan kerjasama dan komitmen dari semua pihak, saya yakin kita dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Pati dan mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas”, kata Jumani.

Acara dihadiri Pj Bupati Pati, Ketua TP PKK Kabupaten Pati, Anggota DPRD, kepala OPD dan Camat, serta tamu undangan.

Baca Juga: Keluhkan Harga Ikan, Nelayan Pati Gelar Forum Diskusi dengan KKP

Menurut Jumani, kegiatan Rembug Stunting merupakan momen penting untuk memperkuat komitmen dan sinergitas dalam upaya menurunkan angka stunting.

“Stunting adalah masalah serius yang dapat berakibat jangka panjang terhadap kualitas sumber daya manusia, di masa depan”, tambahnya.

Penanganan stunting, sebut Jumani, tidak hanya menjadi tanggung jawab sektor kesehatan semata, tetapi juga memerlukan keterlibatan seluruh sektor, termasuk pendidikan, infrastruktur, sanitasi serta ketahanan pangan dan gizi.

Berdasarkan Survey Kesehatan Indonesia yang dirilis 2023, ungkap Jumani, angka stunting di Kabupaten Pati mengalami penurunan sebesar 4,5 persen dibandingkan 2022.

“Penurunan ini patut kita syukuri bersama. Namun kita tidak boleh berpuas diri. Kita harus tetap berupaya untuk menurunkan angka stunting hingga mencapai target nasional, yaitu 14 persen pada 2024”, tegasnya.

Reporter : Usman
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan