Pemkot Surabaya Gratiskan Retribusi PDAM Kepada Ribuan MBR

oleh -29 views
Kantor PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

SURABAYA, Selasa (7/4/2020) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggratiskan sementara tarif retribusi pemakaian air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), khusus bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Langkah ini diambil sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat sebagai dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) mengatakan, Bahwa Pemkot Surabaya akan memberi fasilitas pembebasan sementara tarif retribusi air PDAM. Kebijakan ini dilakukan bertujuan untuk meringankan beban masyarakat berpenghasilan rendah.

“Ada sekitar 231.211 KK Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang akan diberi fasilitas pembebasan sementara tarif retribusi air PDAM. Diharapkan kebijakan ini mampu mengurangi beban masyarakat tidak mampu,” kata Risma sapaan akrabnya kepada suaraindonesia-news.com, Selasa (7/4/2020).

Diungkapkannya, Pembebasan tarif retribusi air PDAM khusus bagi MBR, rencananya berlaku pada April dan Mei 2020 di Surabaya.

“Nanti pemakaian April bayarnya Mei, terus pemakaian Mei bayarnya di Juni,” ungkapnya.

Disisi lain, Direktur Utama, PDAM Surya Sembada Surabaya, Mujiaman mengatakan, Bahwa pihaknya mendukung penuh kebijakan yang diinisiasi Risma tersebut. Bahkan, ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya.

“Pada intinya kami mensupport penuh kebijakan ibu wali kota. Khususnya kebutuhan dasar air bersih bagi warga MBR,” katanya via telp kepada suaraindonesia-news.com, Selasa (7/4/2020)

Menurutnya, Bantuan ini sudah sangat cukup memenuhi kebutuhan dasar keluarga kalau bisa menghemat air. Selama ini pengeluaran air perkeluarga di Surabaya 30 meter kubik dinilai sangat boros. Maka dari itu, Ia juga mendorong keluarga lebih berperilaku efisien.

“Selama ini faktanya perkeluarga 30 meter kubik sangat boros. Maka kami dorong berhemat, melalui edukasi bantuan ini,” ujarnya

Untuk teknisnya, Ia memambahkan, Saat ini pihaknya masih menghitung dan koordinasi dengan pemkot terkait kekuatan anggaran dengan jumlah pelanggan air PDAM Surya Sembada.

“Nanti kita akan menyepakati di angka sekian (volume) air yang gratis bagi masyarakat MBR. Intinya kami akan membantu kebutuhan dasar pemakaian air, khususnya bagi masyarakat MBR,” pungkasnya.

Reporter : A Ningsih/Agus DC
Editor : Amin
Publiser : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *