Pemkab Sumenep Bakal Perluas Bandara Trunojoyo

oleh -184 Dilihat
Foto: Salah satu o pesawat jenis Wings terparkir di Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur

SUMENEP, Minggu (24/04/2022) suaraindonesia-news.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan memperluas fasilitas bandara trunojoyo setempat.

Rencana perluasan fasilitas tersebut meliputi, perpanjangan runway (landasan pacu) yang semula hanya 1.600 meter akan ditambah 150 meter.

Sedangkan untuk lebar landasan pacu juga direncanakan akan ditambah sekitar 30 meter kesamping. Hal ini demi keamanan pesawat.

“Nah, ini memerlukan dana karena tanahnya itu harus pengadaan yang harus dilakukan Pemkab Sumenep,” ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Sumenep, Moh. Jakfar. Minggu, 24 April 2022.

Saat ini Pemkab Sumenep, kata Jakfar juga mencari pihak ketiga untuk investasi dalam pembuatan parkir pesawat (hanggar), yang direncanakan sebagai penambahan fasilitas yang ada di bandara trunojoyo.

“Kita sudaha ada komunikasi dengan salah satu pihak penerbangan. Mereka siap investasi, dengan catatan pesawat mereka bisa beroperasi di Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Dia berharap, ke depan pulau-pulau di Kabupaten Sumenep yang masih terisolasi bisa dibuatkan landasan pacu. Agar perputaran ekonomi di kota keris semakin lebih baik.

“Iya, jadi tidak harus mewah dengan fasiltas kantor atau semacamnya tidak. Tapi cukup ada landasan pacu. Itu kita akan lakukan agar akses dari pulau ke kota Sumenep bisa ditempuh lebih cepat,” tukasnya.

Reporter : Sya
Editor : Redaksi
Publisher : Ipul

Tinggalkan Balasan