Pemkab Nias Laksanakan Konsultasi Publik, Berikut Arahan Bupati Nias

oleh -38 views
Bupati Nias saat menyampaikan arahannya pada pelaksanaan konsultasi publik rancangan awal RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021 - 2026.

NIAS, Jumat (9/7/2021) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Nias selenggarakan forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Tahun 2021 – 2026.

Kegiatan konsultasi publik tersebut dipimpin langsung Bupati Nias, Yaatulo Gulo bertempat di Ruang serbaguna lantai III kantor Bupati Nias, Kamis (8/7).

Kegiatan diawali laporan yang disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Nias, Edwin Fanolo Hulu. Tujuan yang diharapkan dari Forum Konsultasi Publik ini kata Edwin antara lain, melakukan penjaringan aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan di Kabupaten Nias pada tahun 2021-2026, serta merumuskan saran dan masukan terhadap Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 yang nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan Rancangan Awal Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah Tahun 2021-2026.

“Sedangkan hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Forum Konsultasi Publik saat ini adalah untuk memperoleh saran dan masukan penting yang berpedoman pada Visi, Misi, serta Program Kepala Daerah,” tutur Edwin.

Pada arahannya, Bupati Nias mengatakan dasar peraturan penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017, salah satu tahapan yang dilaksanakan setelah Kepala dan Wakil Kepala Daerah dilantik adalah penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan pada tahapan tersebut perlu dilaksanakan Forum Konsultasi Publik untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sehingga diperoleh masukan dan saran untuk penyempurnaan dokumen Rancangan Awal RPJMD yang telah disusun,” terang Yaatulo.

Menurut Bupati, Dokumen Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 ini juga telah menjabarkan Visi “Kabupaten Nias Maju”, Misi “Trisakti Nias Maju” serta Program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk lima tahun ke depan dengan berpedoman pada RPJMN Tahun 2020-2024 dan RPJPD Kabupaten Nias Tahun 2005-2025.

Secara umum Visi Kabupaten Nias Maju didefenisikan sebagai “Suatu kondisi kehidupan masyarakat Kabupaten Nias mengalami perkembangan – pertumbuhan ke arah yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi yang ada saat ini, dalam berbagai aspek dan dimensi kehidupan dengan memanfaatkan potensi wilayah baik secara fisik, ekonomi, sosial budaya serta dukungan faktor eksternal di tingkat regional dan nasional.

Diakhir arahannya, Bupati Nias berharap agar semua Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias dapat menyusun dan menetapkan target yang terukur dan tepat sasaran dalam mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pimpinan DPRD Kabupaten Nias Sabayuti Gulo, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias dan Para Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Para Kabag Lingkup Setda Kab.Nias, Pimpinan Instansi Vertikal di Daerah Kabupaten Nias, Camat se – Kabupaten Nias, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ibu Wakil Ketua TP. PKK, DWP dan GOW Kabupaten Nias, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Lembaga Swadaya Masyarakat, Rekan-rekan Pers dan undangan lainnya.

Reporter : Topan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *