Pemerintah Desa Sifalaete Tabaloho Selenggarakan Rapat Koordinasi Pencegahan Stunting

Kepada Desa Sifalaete Tabaloho saat memimpin rapat koordinasi pencegahan Stunting.

GUNUNGSITOLI, Rabu (6/11/2019) suaraindonesia-news.com – Libatkan masyarakat serta ibu hamil dan ibu menyusui, Pemerintah Desa Sifalaete Tabaloho, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara menyelenggarakan rapat koordinasi pencegahan Stunting tingkat Desa, Rabu (6/11).

Kepala Desa Sifalaete Tabaloho, Hasatulo Harefa menjelaskan jika pertemuan yang baru saja di laksanakan adalah rapat koordinasi pencegahan Stunting menindaklanjuti pertemuan pada bulan September lalu terkait pembahasan pencegahan Stunting.

“Kegiatan hari ini adalah menindaklanjuti pertemuan berdasarkan hasil rapat konvergensi pencegahan stunting Kecamatan Gunungsitoli tanggal 23 September 2019 bulan lalu. Untuk menindaklanjuti hal tersebut hari ini kita juga melakukan hal yang sama di tingkat Desa,” ucap Kades.

Lebih lanjut orang nomor satu di Pemerintahan Desa Sifalaete Tabaloho tersebut menjelaskan jika untuk pencegahan Stunting wajib melibatkan semua masyarakat.

“Saat ini kita masih membentuk beberapa pengurus tingkat Desa yang melibatkan masyarakat serta para bidan Desa, karena sesuai program Pemerintah pusat tahun depan ada aksi pencegahan Stunting hingga di Perdesaan.

“Bahkan Desa Sifalaete Tabaloho sudah merencanakan pos anggaran untuk pencegahan Stunting tersebut pada APBdes 2020,” ucapnya.

Pertemuan yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Sifalaete Tabaloho tersebut dihadiri langsung oleh perangkat Desa Sifalaete Tabaloho, para kader posyandu, kader lainnya yang ada di Desa, masyarakat serta undangan dari dinas terkait.

Untuk diketahui, Stunting adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun.

Pemberantasan jenis penyakit kekurangan gizi ini yang lebih di kenal masyarakat dengan nama Stunting adalah salah satu yang menjadi program prioritas Pemerintahan Jokowi.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Oca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here