Pedagang Pasar Kencong Serahkan Berkas Pencairan Bansos

Perwakilan pedagang Pasar Kencong Baru, Muhammad As’ad menyerahkan berkas pencairan bansos milik 34 pedagang. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Rabu (6/11/2019) suaraindonesia-news.com – Perwakilan pedagang Pasar Kencong Baru, Muhammad As’ad menyerahkan berkas pencairan bantuan sosial (bansos) milik 34 pedagang ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember, Rabu (6/11) siang. Bansos tersebut merupakan ganti rugi dari Pemerintah Kabupaten Jember kepada 699 pedagang korban kebakaran pada 2005 silam, sesuai ketetapan Pengadilan Negeri Jember.

“Ada 34 pedagang yang datanya sudah lengkap maka segera kami serahkan ke Disperindag,” kata As’ad.

Ia menjelaskan bahwa total ada 85 pedagang yang belum menerima bansos tersebut, beberapa kendala kelengkapan berkas pencairan di antaranya beberapa pedagang telah meninggal dunia, sulit dihubungi serta sulit ditemui.

“Nanti kalau sudah ada yang berkasnya lengkap lagi, kami akan kembali ke sini (Kantor Disperindag, red) lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Sarana dan Prasarana Industri dan Perdagangan Disperindag Kabupaten Jember Eko Ferdianto membenarkan bahwa perwakilan pedagang Pasar Kencong mendatangi kantornya untuk menyerahkan berkas pencairan bansos.

“Berkas dari teman-teman pedagang sudah kami terima,” kata Eko saat ditemui di kantornya.

Dia menuturkan, pihaknya akan mempelajari dan memeriksa kelengkapan berkas tersebut sebelum diajukan untuk pencairan bansos.

“Kami pelajari dahulu dan laporkan ke pimpinan,” imbuhnya singkat.

Untuk diketahui pada 15 Januari 2018, Bupati Jember Faida menyerahkan realisasi bansos kepada 31 pedagang Pasar Kencong Baru. Penyerahan dilakukan di Pendapa Wahyawibawagraha.

31 pedagang tersebut dinyatakan lolos verifikasi dan ada dalam daftar penerima bansos sesuai putusan Pengadilan Negeri. Sementara untuk nilai bansos yang diterima pedagang jumlahnya variatif.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here