Peduli Warga Binaan, Babinsa Koramil 01/Kota Dampingi Evakuasi ODGJ

oleh -1 views
Foto: Babinsa Koramil 01/Kota, Koptu Rizal Fausi, saat mendampingi tim dari Dinas Kesehatan Puskesmas Teja Evakuasi Pasen gangguan jiwa (ODGJ).

PAMEKASAN, Senin (27/05/2024) suaraindonesia-news.com – Sebagai wujud kepedulian terhadap warga binaannya, Babinsa Koramil 01/Kota, Koptu Rizal Fausi, mendampingi tim dari Dinas Kesehatan Pamekasan dan UPT Puskesmas Teja dalam evakuasi seorang warga dengan gangguan jiwa (ODGJ). Pasien tersebut, berinisial RE, merupakan warga Kelurahan Jungcangcang, Kampung Montor Dejeh RT 02 RW 04, Kecamatan Kota, Senin (27/05/2024).

“Proses evakuasi ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap pasien ODGJ selain menjaga lingkungan juga agar mendapat pengobatan yang lebih baik,” ujar Koptu Rizal Fausi.

“Dari keterangan warga RE sering membakar bambu sehingga kerap meresahkan warga,” terangnya.

Proses evakuasi dilakukan dengan mematuhi prosedur yang ketat dan pendekatan kekeluargaan. Selain Koptu Rizal Fauzi, turut hadir dalam pendampingan ini Lurah Jungcangcang, Sukarsono, serta petugas dari Puskesmas dan tim evakuasi lainnya. Semua pihak berkomunikasi dan berkoordinasi dengan keluarga pasien untuk memastikan evakuasi berjalan dengan aman dan lancar.

Baca Juga: Dukung Pembangunan, Babinsa Koramil 0826-02 Tlanakan Laksanakan Giat Gotong Royong Bangun Plengsengan

Lurah Jungcangcang, Sukarsono, menegaskan pentingnya sinergi antara aparat pemerintahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Bidan Kelurahan dalam menangani kasus ODGJ.

“Dalam menjalankan tugas kewilayahan, kita harus selalu bersinergi dengan semua pihak terkait. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat, khususnya di wilayah Koramil 01/Kota dan Kelurahan Jungcangcang,” ujar Sukarsono.

Pendampingan yang dilakukan oleh Koptu Rizal Fauzi ini mendapat apresiasi dari warga setempat. Langkah ini menunjukkan kepedulian Babinsa terhadap kondisi warga binaannya serta upaya untuk menjaga ketertiban dan keamanan di wilayahnya.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara aparat pemerintahan dan keluarga, diharapkan kasus ODGJ seperti ini dapat ditangani dengan lebih efektif, mengurangi keresahan warga, dan memberikan penanganan yang tepat bagi pasien.

Reporter : May
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan