Peduli, Polres Abdya Gelar Bhaksos Operasi Bibir Sumbing

oleh
Kapolres Abdya, AKBP Moh. Basori, SIK bersama pasien bibir sumbing yang sudah siap untuk dioperasi saat di Aula Mapolres Abdya.

ABDYA, Sabtu (22/2/2020) suaraindonesia-news.com – Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat Daya (Abdya) akan menggelar kegiata bhakti sosial (Bhaksos) operasi Bibir Sumbing gratis bagi warga tidak mampu.

Kegiatan operasi tersebut digelar di Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) di Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, mulai Jumat 21 sampai Minggu 23/2 mendatang.

Kapolres Abdya, AKBP Moh. Basori SIK didampingi kabag ops AKP Haryono selaku ketua Panitia dan dr Suherdy SpPD sekeretaris menjelaskan, bahwa pelaksanaan operasi bibir sumbing ini tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

Dimana, dalam pelaksanaan kegiatan ini, Polres Abdya bersama dengan Smile Train wilayah Aceh juga didukung oleh PMI Abdya, IDI Abdya dan RSUTP Abdya.

“Besok langsung dilakukan operasi. Hari ini kita lakukan pembukaan di Mapolres Abdya,” kata Basori di Aula Mapolres setempat.

Kapolres Basori menyebutkan, dalam kegiatan operasi bibir sumbing gratis ini, beberapa diantaranya ada yang masih bayi, anak-anak, remaja bahkan sampai orang tua yang sudah berumur 50 tahun keatas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 23 orang.

Pasien yang sudah tercatat yaitu, 3 pasien berasal dari Kecamatan Babahrot, 4 dari Kuala Batee, 2 Dari Jeumpa, 3 dari Susoh, dari Kecamatan Blangpidie satu orang, dari Kecamatan Setia 2 orang, Tangan-Tangan 2 orang, dari Kecamatan Manggeng dan Lembah Sabil masing-masing satu orang juga termasuk dari Kabupaten Aceh Selatan ada 4 orang.

Menurutnya, cacat bawaan bibir sumbing dan langit-langit biasa mengenai siapa saja tanpa terkecuali. Pengetahuan tentang penanganan bibir sumbing perlu sekali dipahami, agar orang tua dan keluarga terbuka mencari pertolongan untuk anaknya.

“Hal yang perlu kita ketahui bersama, kalau operasi bibir sumbing itu tidaklah murah. Makanya kegiatan operasi bibir sumbing ini tidak dipungut biaya apapun, dengan tujuan memberikan kesempatan kepada warga Abdya yang menderita bibir sumbing dapat memperoleh senyum baru untuk menatap masa depan yang lebih cerah,” pungkasnya.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *