PAUD Dapat BOP Rp 600 Ribu Per Siswa

LUMAJANG, Rabu (14/5/2019) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka ikut meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tua dalam upaya mengikutsertakan anaknya pada layanan PAUD yang berkualitas di satuan pendidikan penyelenggara program PAUD, maka Pemerintah memberikan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) tahun 2019 ini.

Selain meringankan, BOP tersebut, Pemerintah juga akan membantu penyediaan biaya operasional non personalia bagi anak usia dini yang diberikan kepada satuan pendidikan yang menyelenggarakan program PAUD, sebesar Rp. 600 ribu per siswa didik.

BOP ini sesuai dengan Permendikbud RI Nomor Nomor 4 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Non Fisik (Juknis BOP PAUD) Tahun 2019.

Namun ada beberapa persyaratan untuk pendidikan penyelenggara PAUD agar menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik BOP PAUD Tahun Anggaran 2019 ini.

“Yang pertama, yaitu lembaga memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN), kedua lembaga memiliki peserta didik minimal berjumlah 12 orang yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) PAUD dan Dikmas,” kata Kabid PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Masrufi kepada awak media.

Selain itu, kata Masrufi persyaratan yang ketiga lembaga harus tertib administrasi.

Jika menurut juknis, lembaga harus memiliki rekening yang digunakan atas nama Satuan Pendidikan Penyelenggara PAUD dan keempat lembaga harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Komponen-komponen penggunaan DAK Non Fisik BOP PAUD di satuan pendidikan yang menyelenggarakan PAUD harus didasarkan juga pada RKAS yang telah disusun, yaitu pertama untuk Kegiatan Pembelajaran dan Bermain porsinya minimal 50 persen, kedua untuk Kegiatan Pendukung porsinya maksimal 35 persen dan ketiga Kegiatan Lainnya porsinya maksimal 15 persen.

Kegiatan Pembelajaran dan Bermain, bisa berupa :

1. Bahan pembelajaran peserta didik yang dibutuhkan sesuai dengan kegiatan, tematik (minimal 45 persen), contohnya seperti : buku gambar, buku mewarnai, kertas lipat, krayon, spidol, pensil, domino, gambar/angka/, stik es krim/tali elastic, pasir, kancing, kerang-kerangan, batu-batuan, biji-bijian, dan bahan habis pakai lainnya.

2. Penyediaan Alat Permainan Edukatif (APE) (maksimal 40 persen), termasuk dalam dan luar ruang.

3. Penyediaan alat mengajar bagi pendidik (maksimal 15 persen), seperti white board, spidol, buku tulis, buku untuk pegangan guru lainnya.

Sedangkan untuk Kegiatan Pendukung, yaitu seperti :
1. Penyediaan makanan tambahan untuk siswa PAUD diberikan dalam rangka mendukung pemenuhan gizi dan kesehatan terutama bagi anak usia 0 – 2 tahun.
2. Pembelian alat-alat Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK), pembelian obat-obatan ringan, dan isi kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
3. Kegiatan pertemuan orang tua/wali murid (kegiatan parenting) untuk membiayai konsumsi pertemuan.
4. Memberi transport pendidik diberikan untuk pertemuan gugus, atau menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas pendidik.
5. Penyediaan buku administrasi, seperti : buku induk peserta didik, buku laporan perkembangan anak, buku inventaris, dan yang lainnya.

“Satuan pendidikan wajib menggunakan dana sesuai dengan juknisnya,” ungkap Masrufi.

Lagi-lagi, awak media diminta melihat juknisnya. Jika menurut juknis dana kegiatan pendukung digunakan minimal 4 jenis kegiatan.

Sedangkan untuk Kegiatan Lainnya, bisa digunakan untuk :
1. Perawatan sarana dan prasarana, seperti : perbaikan dan pengecatan ringan, penggantian lampu, pegangan pintu, perbaikan meja dan kursi, dan yang lainnya.
2. Dukungan penyediaan alat-alat publikasi PAUD, seperti : leaflet, booklet, poster, papan nama.
3. Langganan listrik, telepon/internet, air.

Satuan pendidikan wajib menggunakan dana kegiatan lainnya minimal 2 jenis kegiatan.

Sampai dengan berita ini ditayangkan, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Winadi, masih belum bisa ditemui awak media dikantornya.

Reporter : Fuad
Editor : Agira
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here