Operasi Sikat, Polres Batu Ungkap 37 Kasus

Jajaran Polres Batu berhasil mengungkap 37 kasus di enam Polsek di wilayah hukum Polres Batu

KOTA BATU, Rabu (20/12/2017) suaraindonesia-news.com – Operasi sikat yang dilakukan selama 10 hari mulai tanggal 11 Desember hingga 20 Desember 2017, Jajaran Polres Batu berhasil mengungkap 37 kasus di enam Polsek di wilayah hukum Polres Batu, yakni tiga kecamatan yang berada di wilayah administrasi di Kabupaten Malang dan tiga di kota Batu.

Wakapolres Batu Kompol Nurmala mengatakan Polres Batu telah berhasil mengungkap 37 kasus dalam operasi sikat, dari 37 kasus itu, diantaranya tiga pelaku minum-minuman keras, lima kasus pencurian dengan pemeberatan (curat), satu kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dan satu premanisme, satu kasus Narkoba dan 19 Razia premanisme non target.

“Alhamdulillah kita berhasil 100 persen sesuai target dan bahkan kita juga berhasil mengungkap 32 kasus non target, dalam operasi sikat selama 10 hari,” kata Nurmala saat ditemui usai jumpa pers dengan Para Wartawan di Mapolres Batu, Rabu (20/12/2017).

Dengan keberhasilah mengungkap 37 kasus di enam Polsek wilayah hukum Polres Batu, kata dia, berarti pihaknya telah berhasil meminimalisir angka kriminalitas di wilayah hukum Polres Batu, meski selama ini angka kriminalitas di kota Batu tergolong kecil.

“Target non operasi salah satu diantaranya kita mengamankan 19 razia premanisme yakni gelandangan pengemis (Gepeng), pengamen, Meski demikian mereka tidak ditahan tapi dilakukan pembinaan,” jelas Nurmala.

Lanjut dia, dilakukan pembinaan lantaran mereka dinilai oleh masyarakat menganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat, seperti mengamen di bus-bus dan kendaraan umum yang sedang parkir dan kemudian di warung-warung.

“Dari laporan masyarakat, mengaku risih jika melihat pengamen meski tidak menarget saat ngamen, selanjutnya polisi melakukan pembinaan,” ungkapnya.

Dari operasi sikat itu, petugas Polres Batu berhasil mengamankan Barang bukti diantaranya, TV, Laptop, HP dan Narkoba jenis Pil Doble L dan sabu.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat terutama orang tua, bisa menjaga putra putrinya saat bergaul, dan selektif, jika ditemui perbuatan yang menyimpang dan melawan hokum hendaknya segera melarangnya, pergaulan harus dijaga.

Selain itu juga menghimbau kepda masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, mengalakan Pam swakarsa menjaga dilingkangan masing-masing agar tetap terjaga, aman dan kondusif.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Panji Agira
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here