Operasi Jantung Pertama Gratis di Jember

oleh -470 views
Bupati Jember memberikan semangat kepada pasien yang akan menjalani operasi jantung. (Foto: Humas Pemkab Jember)

JEMBER, Sabtu (14/05/2022) suaraindonesia-news.com -Sebagai rumah sakit tipe B, untuk pertama kalinya RSD. dr. Soebandi melaksanakan operasi bedah jantung atau open heart surgery pada Sabtu (14/05/2022).

Selama ini operasi bedah jantung hanya ada di RS tipe A di Jawa Timur seperti RS. dr. Soetomo  Surabaya dan RS. Saiful Anwar Kota Malang. RSD. dr. Soebandi Jember sebagai rumah sakit tipe B mengawali pelayanan operasi bedah jantung di Jawa Timur.

Pada operasi pertama kali tersebut, Bupati Jember Hendy Siswanto hadir langsung memberi semangat kepada pasien. Ia mengatakan, pelayanan jantung terpadu di RS dr Soebandi ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Jember dan rumah sakit, mengingat sekitar ada 15 ribu orang yang menderita penyakit jantung dalam setiap tahun. Sedangkan untuk pengobatannya, mereka harus pergi ke luar daerah bahkan luar negeri, itupun dengan antran yang panjang dan biaya yang cukup mahal.

“Masyarakat tidak perlu ke Surabaya, atau kota lain, bahkan luar negeri untuk melakukan operasi bedah jantung. Karena bisa dilakukan di Jember,” ungkap Bupati Hendy.

Tak hanya dekat, pelayanan operasi ini sepenuhnya gratis. Sehingga siapapun dapat menjangkaunya.
“Pembiayaan operasi ini gratis,” lanjutnya.

Sementara itu Direktur RSD dr Soebandi Jember, dr Hendro Soelistijono menjelaskan, untuk melakukan operasi ini pihaknya didampingi oleh tim dari RS dr Soetomo yang mengiringi hingga operasi selesai.

“Hari ini untuk pertama kalinya, kami tim di RSD dr Soebandi Jember dengan dipandu dan didampingi oleh tim dari RS dr Soetomo melakukan operasi bedah jantung,” katanya.

Penulis : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Romla

 

Tinggalkan Balasan