NasDem dan PKS Sepakat Koalisi Hadapi Pilkada Balikpapan 2024, AHB: Tidak Ada Lagi Kotak Kosong

oleh -183 views
Foto bersama seusai melakukan penandatanganan kesepakatan koalisi oleh Ketua DPD Partai NasDem Kota Balikpapan (dua dari kiri), Ketua DPC PKS Kota Balikpapan H. Sonhadji (kiri), Ketua DPW Partai NasDem Kaltim Muhammad Lutfi (tengah) dan pengurus Partai NasDem maupun PKS di Rumah Makan Torani, Stalkuda Balikpapan. Selasa (23/4).

BALIKPAPAN, Selasa (23/4/2024) suaraindonesia-news.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem dan DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Balikpapan sepakat membentuk koalisi menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Koalisi dua partai ini dilakukan dan ditandatangani oleh masing-masing Ketua partai, yakni Ketua DPD Partai NasDem Kota Balikpapan H. Ahmad Basir dan Ketua DPC PKS Kota Balikpapan H. Sonhadji, disaksikan oleh Ketua DPW Partai NasDem Kalimantan Timur Muhammad Lutfi dan masing-masing pengurus partai.

Penandatanganan kesepakatan koalisi ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan halal bihalal yang digelar Partai NasDem di Rumah Makan Torani, kawasan Stalkuda, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, (23/4).

Ketua DPD Partai NasDem Kota Balikpapan H. Ahmad Basir mengatakan kesepakatan koalisi ini diawali dengan komunikasi politik secara inten dengan Partai PKS. Hal tersebut merupakan langkah awal untuk ikut serta dalam kontes Pilkada Kota Balikpapan mendatang.

“Hal ini merupakan jawaban dari sebagian pertanyaan masyarakat Kota Balikpapan, apakah Pilkada mendatang akan kembali melawan kotak kosong. Hari ini kita sudah menjawab, insaAllah di Pilkada 2024 tidak akan ada lagi kotak kosong atau bakal ada pilihan lain, hal itu akan dipersembahkan oleh koalisi Partai NasDem dan PKS,” kata Ahmad Basir.

Kendati demikian, kata dia, pihaknya masih menjalin komunikasi dengan partai-partai lain di Kota Balikpapan untuk menambah koalisi.

“Mudah-mudahan setelah koalisi dengan Partai PKS ada lagi partai lainnya yang ikut bersama-sama berkoalisi untuk kepentingan Kota Balikpapan kedepan semakin baik,” tutur pria yang akrab disapa AHB ini.

Menurut dia, dengan koalisi dua partai tersebut pihaknya sudah mengantongi tiket untuk turut serta unjuk taring di Pilkada Balikpapan. Dari hasil Pemilu Legislatif (Pileg) yang lalu, Partai NasDem berhasil meraih 7 kursi di DPRD Balikpapan, sedangkan PKS meraih 3 kursi.

Baca Juga: Bersiap Menjadi Kota Maju, Balikpapan Bakal Menggelar Event Health Conference & Expo 2024

Dengan demikian, kata dia, pihaknya sudah mengantongi 10 kursi dan sudah memenuhi syarat untuk ikut serta dalam kontes Pilkada mendatang.

“Kita sudah ada tiket untuk ikut di Pilkada Balikpapan, tinggal siapa nanti kandidat yang akan diperjuangkan masih kita akan sepakati bersama,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKS Kota Balikpapan H. Sonhadji mengakui bahwa kesepakatan koalisi dengan Partai NasDem tersebut diawali dengan komunikasi politik yang sudah sejak lama dibangun.

“Kita ingin meneruskan kesepahaman yang sudah terjalin sejak lama bersama Partai NasDem. Sehingga kita sepakat menggulirkan koalisi untuk menghadapi demokrasi yang lebih baik lagi di Balikpapan,” ungkapnya.

Reporter: Fauzi
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan