Minimalisir Terjadinya Kebakaran, Satpol PP dan Damkar OKI Beri Edukasi Kaum Milenial

Satpol PP dan Damkar OKI gelar simulasi penangganan kebakaran dengan anggota Pramuka OKI di Kayuagung.

OGAN KOMERING ILIR, Rabu (30/10/2019) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka meminimalisir terjadinya kebakaran, Satpol PP & Damkar Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengadakan simulasi penanganan kebakaran dengan pramuka gugus depan kwartir ranting Kecamatan Kota Kayuagung.

Syawal Harahap, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) mengatakan, kegiatan ini merupakan sebagai salah satu upaya guna meminimalisir terjadinya kebakaran.

“Maksud dan tujuan simulasi ini untuk memberikan edukasi kepada kaum milineal terkait upaya pencegahan dini penanggulangan kebakaran dengan menggunakan alat tradisional maupun alat pemadam api ringan,” ungkapnya. Rabu (30/10).

Ia menuturkan, kegiatan serupa sudah kerapkali dilakukan. Seperti yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, baik kepada pelaku usaha/kegiatan, masyarakat, disekolah taman kanak-kanak dan Palang Merah Indonesia.

“Hal ini kita lakukan untuk mencegah secara dini dan memberikan pengetahuan kepada mereka setidaknya bila terjadi kebakaran dapat diminimalisir sehingga kebakaran tidak sempat meluas yang akan berdampak kepada menghanguskan harta benda dan juga nyawa manusia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Syawal mengatakan, Kebakaran adalah merupakan tanggung jawab bersama.

“Dengan kegiatan ini diharapkan kepada masyarakat, pramuka, dan pelaku usaha agar kedepan mari kita jaga, mari kita cegah kebakaran,” pintanya.

Ia menghimbau kepada masyarakat Kabupaten OKI agar menyiapkan APAR dirumah masing-masing, atau minimal alat pemadam sederhana/ tradisional berupa karung goni, selimut tebal, handuk tebal bekas pakai karena dengan alat tersebut sangat ampuh untuk kita gunakan memadamkan api kobaran kecil.

“Dan kita menghimbau agar menggunakan instalasi listrik yang berstandar SNI,” kata Syawal.

Dan untuk meminimalisir munculnya bencana kebakaran khususnya di pemukiman warga, Pemkab Ogan Komering Ilir melalui Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran membentuk Barisan Relawan Kebakaran (Balakar).

Relawan tersebut nantinya ada di setiap desa dan siap setiap saat apabila diperlukan.

Kepala Satpol PP dan Damkar OKI, Alexander Bustomi mengatakan, langkah tersebut sebagai upaya mitigasi bencana kebakaran.

“Mengingat wilayah OKI yang luas serta memudahkan penanganan kebakaran pemukiman, Balakar menjadi tim advance yang berupaya memadamkan api sebelum api membesar dan Damkar sampai dilokasi. Sehingga paling tidak ketika api masih bisa dipadamkan segera oleh mereka ini,” ujarnya, Kamis (24/10) lalu.

Balakar tersebut nantinya menurut Alex menjadi kepanjangan tangan dari Damkar untuk melakukan penanganan musibah kebakaran yang sering kali menimpa masyarakat OKI. Para relawan tersebut tambahnya akan dibekali pengetahuan, ketrampilan hingga kemampuan melakukan penanggulangan kebakaran dini.

“Salah satu yang penting yakni membangun kesadaran masyarakat untuk pencegahan kebakaran dan mitigasi dini bencana kebakaran,” ungkap Alex.

Sebagai percontohan, tambah Alex telah dibentuk Balakar di Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI.

“Mereka ini menjadi ujung tombak kami dalam penanganan kebakaran. Di setiap desa nantinya akan kami bentuk balakar, dan saat ini kita mulai dari Desa Bangsal,” katanya.

Reporter : Firman
Editorial : Amin
Publisher : Marisa


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here