Meriahnya Festival Lansia di Jember

oleh -40 views
3000 orang lansia Jember mengikuti senam bersama dalam acara Festival Lansia. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Minggu (18/8/2019) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 3000 warga lanjut usia (lansia) mengikuti senam bersama di Alun-alun Kabupaten Jember, Minggu (18/8) pagi. Ribuan lansia tersebut terlihat enerjik bergerak meski tak lagi muda.

Tak hanya senam, Festival Lansia yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Jember juga diisi berbagai acara lainnya.

Di sisi utara Alun-alun, tepatnya di bawah rindangnya pohon kelapa, ribuan lansia itu bernyanyi bersama, ada juga penampilan fesyen busana nan cantik yang diperagakan oleh lansia, bazar produk UMKM hasil produksi para lansia serta 100 penjual jamu gendong lansia semakin membuat acara tersebut meriah.

Bupati Jember Faida mengatakan 10 persen dari seluruh masyarakat Jember sekarang kondisinya sudah lansia.

“Setengah dari 10 persen tersebut adalah lansia yang aktif, sehingga kita selenggarakan festival lansia, panitianya lansia, pengisi acaranya lansia, juri-juri lombanya lansia dan juga dihadirkan UKM-UKM yang diproduksi para lansia,” kata Bupati Jember Faida.

Dalam acara tersebut, Bupati Faida menjanjikan sejumlah program kepada para lansia.

“Kami menggerakkan para lansia untuk tetap aktif berolahraga, dan setiap karangwreda yang ada instruktur senam lansia, kita siapkan bantuan transport setiap bulannya dari Pemkab Jember,” ucap Bupati.

Faida juga mengatakan Pemkab Jember telah membuat Perbup bahwa seluruh lansia di Kabupaten Jember berhak asuransi kesehatan gratis dari Pemkab Jember dan juga bagi para lansia yang ekonominya tergolong tidak mampu, berhak mendapatkan rastrada tanpa tebus selama 3 bulan.

Demikian juga bedah rumah untuk lansia, sekaligus juga untuk lansia sebatang kara Pemkab Jember memberikan katering sebanyak 3 kali sehari diantarkan ke rumahnya.

“Tahun ini juga kita menginisiasi untuk membuat satgas Dhuafa, supaya para dhuafa terlayani dengan baik sesuai haknya,” tuturnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Pulisher : Marista

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *