Meriahkan HUT RI Ke-76, HIMPASS Adakan Webinar Kemerdekaan Secara Online

oleh -177 views
Foto: Screenshot saat Webinar berlangsung.

SUMENEP, Kamis (19/8/2021) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka menyambut dan ikut memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenep (HIMPASS) mengadakan Webinar Kemerdekaan secara Online melalui Virtual Talk (Zoom Meeting) dengan tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, yang ditandai dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno di jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat.

Namun, bukan perkara mudah untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Para pahlawan berjuang dengan air mata, dengan harta, dengan darah dan dengan nyawa mereka sekalipun demi kemerdekaan yang sangat di damba-dambakan.

Himpunan Mahasiswa kepulauan Sapeken Sumenep (HIMPASS) adalah bagian dari organisasi yang memiliki cita-cita untuk mewujudkan amanat kemerdekaan yang termaktub dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Suayub ketua HIMPASS mengatakan, HIMPASS melihat ada banyak hal yang perlu di evaluasi bersama dengan seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya Indonesia bukanlah Negara yang baru merdeka, Negara ini sudah berumur 76 tahun, waktu yang cukup menjadi Negara besar seperti yang disebutkan oleh Pancasila dan UUD 1945.

Lebih lajut Suayub menjelaskan bahwa realitas yang terjadi sekarang di Negara Indonesia sudah menjauh dari cita-cita kemerdekaan itu sendiri.

“Pemerintah hanya sebatas formalitas, Partai Politik hanya memperjuangkan orang yang menjadi bagiannya, para pengusaha hanya memikirkan usahanya, pemuda acuh tak acuh dengan keadaan bangsanya, dan sebagian organisasi hanya dijadikan alat untuk mewujutkan nafsu para anggotanya,” ungkapnya.

Dirinya mengaku bahwa, selain dari diadakannya acara Webinar kemerdekaan ini antara lain: Menanamkan rasa cinta tanah air kepada seluruh peserta webinar, Forum refleksi perjuangan para pahlawan, menyadarkan rakyat Indonesia, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, bukan bangsa kecil, Bagian dari evaluasi Negara Indonesia di HUT RI Ke-76, bersama sama mewujutkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia.

Sementara Mohammad Hidayaturrahman yang merupakan guru besar di kampus ternama di Sumenep, yang menjadi salah narasumber dalam webinar tersebut menyampaikan, bahwa momentum HUT RI ke-76 sangat tepat sekali untuk merenungkan kembali esensi nilai-nilai dari kemerdekaan.

“Anak muda harus paham betul esensi dari nilai sebuah kemerdekaan Republik Indonesia, karena, pemuda mempunyai peran penting untuk memerdekakan republik Indonesia dari penjajah,” ungkapnya.

Reporter : Sudirman
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *