Masyarakat Harus Bentengi Lingkungan dari Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika

LUMAJANG, Rabu (24/10/2018) suaraindonesia-news.com – Masyarakat wajib memahami dan membentengi lingkungannya dari penyalagunaan dan peredaran gelap narkotika.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Lumajang, AKBP Mudawaroh usai memberikan paparan kepada peserta sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada masyarakat, siang ini.

Menurut Mudawaroh, kegiatan kali ini mengambil tema Pengembangan Kapasitas P4GN Dilingkungan Pendidikan, yang dilakukan bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Lumajang.

“Kami dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Lumajang, akan terus melakukan upaya P4GN kepada seluruh masyarakat,” kata Mudawaroh kepada sejumlah awak media.

Melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Lumajang, acara ini dapat digelar dan diikuti oleh 30 orang yang mewakili dari Instansi Pendidikan Tingkat SLTA.

“Kegiatan ini merupakan pengembangan atau kelanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya dimana diharapkan kepada peserta dapat memberikan pemahaman dan membentengi lingkungannya dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” tegasnya.

Mudawaroh juva mengatakan, bahwa dalam upaya P4GN di lingkungan pendidikan perlu adanya sinergitas program antara BNN Kabupaten Lumajang dan seluruh lembaga pendidikan di Kabupaten Lumajang.

“Dimana dengan bersama sama terus melakukan upaya P4GN dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh instansi masing-masing,” bebernya lagi.

Selanjutnya Mudawaroh menjelaskan terkait keadaan darurat narkoba serta upaya upaya P4GN yang telah dilakukan BNN baik secara nasional maupun tingkat daerah.

“Telah dilakukan upaya upaya pemberantasan narkoba di Indonesia, namun angka peredaran narkoba semakin banyak, ini dikarenakan banyak hal, yang salah satunya terkait masalah ekonomi,” jelas Mudawaroh.

Dilain kesempatan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Lumajang, Sugiono Eksantoso menjelaskan sangat diperlukan kepedulian dan peran serta aktif guru dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar, agar siswa dapat membentengi diri dan memiliki sikap berani menolak terhadap penyalahgunaan narkoba sehingga harapan terwujudnya generasi bangsa yang sehat, cerdas dan bebas dari narkoba.

Ia mengatakan bahwa kepada seluruh instansi peserta kegiatan pengembangan kapasitas ini bahwa apapun tugas dan fungsi nya tetap memiliki tanggungjawab dalam melaksanakan upaya Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Sugiono mengajak peserta untuk terus berperan aktif dalam melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba di lingkungan masing-masing.

“Harapan kami, setelah selesai kegiatan ini Bapak dan Ibu dapat terus peduli dalam melakukan upaya P4GN dilingkungan masing-masing,” katanya.

Selain Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Lumajang, yang bertindak sebagai Narasumber pada kegiatan Pengembangan Kapasitas P4GN di Lingkungan Pendidikan ini, juga ada Plt Kasi Rehabilitasi, Nunung Purna Wisudawati, S.KM dan KBO Sat Binmas Polres Lumajang Ipda Gatot.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Amin
Publiser : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here