Manfaatkan DD, Keuchik Gampong Ie Mameh Lakukan Budidaya Ternak Ayam Potong

oleh
Kairul B.kaur Perencanaan Desa Ie Mameh saat menunjukan program pemberdayaan peternak ayam potong oleh kelompok wanita Tani digampong setempat.

ABDYA, Sabtu (11/1/2020) suaraindonesia-news.com – Pemanfaatan dana Desa ternyata tidakhanya dimanfaatkan sebagian Keuchik untuk pembangunan infrastruktur jalan danfasilitas umum lainnya, tetapi dimanfaatkan untuk sesuatu yang bernilai produktif.

Seperti yang dilakukan oleh Keuchik Gampong (Desa) Ie Mameh Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Herman Toni, justru memanfaatkan dana Desa untuk budidaya ternak ayam potong dibidang pemberdayaan perempuan di Desanya.

Inovasi ini muncul karena keinginan masyarakat Desa dari hasil musyawarah yang ingin dibuatkan budidaya peternakan ayam jenis ayam potong dengan ukuran kandang 8X55 meter dalam kapasitas ayam 4000 ekor lebih.

“Budidaya ternak ayam ini sangatlah bernilai produktif bagi kaum perempuan, dalam jangka sebulan sudah panen dan hasilnya sudah bisa dirasakan, dan sangat terbantu perekonomian masyarakat,” kata keuchik Herman, didampingi Kaur perencanaan Kairul B, Sabtu (11/1).

Dikatakan Herman, budidaya ternak ayam ini juga melibatkan kerja sama dengan pihak PT Pokphand sebagai penyalur bibit ayam potong dan pakan ternak, sehingga ayam yang sudah siap panen langsung ditampung oleh pihaknya.

“Kita hanya menyediakan kandangnya saja, dan pihak PT lah sebagai penyalur bibit ayam potong dan pakan ayam, dan hasilnya langsung dapat disentuh masyarakat setelah pemotongan modal PT,” tutur Herman.

Dijelaskan Herman, budidaya ayam ini sudah menuai banyak perhatian dari kalangan pemerintah, dan dianggap salah satu inovasi yang bisa mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat di Desa khususnya di Gampong Ie Mameh.

“Dari pemerintah yakni Sekda Abdya juga sudah mengunjungi tempat ternak kita, dan bahkan dari provinsi sudah turun langsung ke desa ie mameh ini, sebagai bentuk apresiasi,” ujar Herman.

Herman menambahkan, kedepan pihaknya merencanakan penambahan kandang untuk ternak ayam potong di Desa ie mameh melalui program pemberdayaan di dana desa 2020 ini.

“Insya Allah kita akan lakukan perkembangan supaya perekonomian masyarakat bisa lebih meningkat dengan demikian manfaat bisa langsung dirasakan masyarakat,” pungkas Herman.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *