Lomba Hias Dusun Peringati Momentum HUT RI Ke-75 Katar Tunas Segara, Disambut Antusias Warga Desa Noreh

oleh -589 views
Antusias, salah satu kelompok peserta lomba hias dusun Desa Nureh Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang. (Foto: Anam/SI).

SAMPANG, Kamis (20/08/2020) suaraindonesia-news.com – Ada banyak ragam yang dilakukan masyarakat dalam rangka menyemarakkan peringatan perjuangan menuju Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, seperti halnya kompetisi yang diadakan oleh Karang Taruna (Katar) Tunas Segara Desa Nureh, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Untuk peringatan HUT RI Ke-75 kali ini Katar Tunas Segara mengadakan lomba hias dusun yang diikuti oleh sedikitnya 12 dusun yang ada di Desa Noreh dengan penilaian keindahan Gapura, Kebersihan, Kerapian dengan mengusung tema kemerdekaan.

Saat dimintai keterangan Slamet Riyadi, S.Farm., Apt Ketua Katar Tunas Segara mengatakan tujuan dari diadakannya kompetisi dengan mengusung tema kemerdekaan Republik Indonesia tersebut untuk memupuk rasa gotong royong masyarakat agar bersatu memajukan Desa.

“Tujuan kegiatan menumbuhkan rasa kebersamaan dan gotong royong membangun Desa dalam mengisi kemerdekan dengan memanfaatkan potensi yang tersedia,” tuturnya.

Berkenaan dengan agenda peringatan HUT RI Ke-75 dengan digelar kompetisi tersebut Riyadi mengatakan telah mampu membangkitkan antusiasme masyarakat dalam memperindah lingkungan tempat tinggalnya.

“Acara ini sangan mengundang antusiasme masyrakat dalam memperindah dusunnya masing-masing, terlihat rasa kebersamaan dan gotong royong dalam membangun gapura dan lain-lain, hasilnya bisa dinikmati oleh warga dari dewasa sampai anak-anak,” kata Riyadi.

Lebih lanjut dirinya berharap agar momentum ini terus berdampak positive serta mempermudah dalam mendukung pemerintah setempat dalam proses pengembangan Desa kedepan.

“Semoga ini jadi momentum bagi masyarakat desa dalam membangun desa dan mengisi kemerdekaan,” ungkapnya.

Dilain pihak Mudakkir tokoh muda dari salah satu dusun di desa setempat mengaku menyambut antusias kegiatan peringatan HUT RI Ke-75 yang digagas oleh Karang Taruna Tunas Segara.

“Kami sebagai pemuda sangat antusias untuk memeriahkan acara ini, harapannya untuk mengembalikan semangat gotong royong pemuda Desa yang akhir-akhir ini sudah mulai memudar,” kata Mudakkir pada media ini Kamis (20/08) siang.

Karena masih menurut Mudakkir, keikutsertaan pada perhelatan kompetisi kali ini bukan hanya pada tujuan meraih kemenangan namun lebih pada bagaimana menunjukkan rasa memiliki dan merawat lingkungan dengan menumbuhkan kreativitas memanfaatkan setiap potensi dimana dia dibesarkan.

“Untuk urusan menang atau kalah dalam perlombaan itu bagian belakang, yang paling penting bisa memberikan manfaat untuk Desa itu sudah sangat memuaskan dan sudah lebih dari kemenangan.” ungkap Mudakkir salah satu pemuda asal Dusun Anjul yang kerap dijuluki mas Imonk oleh warga setempat.

Hal senada juga disampaikan oleh Haris salah satu tokoh masyarakat desa setempat, dirinya sangat berharap perasaan serupa dirasakan oleh warga serta dirinya mengaku berterimakasih pada pengurus Katar yang telah menunjukkan eksistensinya dengan cara mengadakan kegiatan yang langsung melibatkan keikutsertaan semua lapisan masyarakat untuk memajukan banyak aspek di desanya.

“Saya sebagai bagian dari masyarakat Desa Noreh sangat berterima kasih kepada Karang Taruna Tunas Segara yang telah mengadakan acara ini, harapannya pemuda Noreh khususnya yang punya bakat seni bisa dikembangkan, untuk masyarakat secara umum bisa menumbuhkan semangat kerja sama dan gotong royong untuk membangun Desa,” ujarnya.

Untuk diketahui, hasil seni lukis dan dekorasi pada salah satu Gapura di Desa Nureh tersebut merupakan buah karya dari salah satu pemuda bernama Abd Qodir atau yang sering dijuluki ‘Guguk’ oleh masyarakat setempat.

Reporter : Anam
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *