Listrik Kecamatan Hibala Padam Total, Ini Penjelasan PLN

HIBALA, Sabtu (9/2/2019) suaraindonesia-news.com – Listrik di Kecamatan Hibala, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara sudah tiga Minggu mengalami pemadaman bergilir dan 3 hari terakhir padam total.

Terkait hal tersebut, Manajer ULP Teluk Dalam, Mas Irvansyah Setiawan menjelaskan jika padamnya listrik di wilayah Hibala murni akibat gangguan mesin.

“Saat ini Kecamatan Hibala mempunyai 3 unit pembangkit yang kapasitasnya masing-masing 200 KW, sedangkan beban puncak tertinggi pada malam hari sebesar 230 KW.

“Maka kita menggunakan 2 unit mesin yang beroperasi, namun diluar beban puncak pada pukul 20.00 s.d 06.00 Wib cukup mengoperasikan 1 Unit saja dengan kapasitas mesin 200 KW,” terangnya menjelaskan keadaan mesin pembangkit di Hibala.

Lebih lanjut Manajer Rayon Nisel itu menjelaskan, awal terjadinya gangguan mesin yang hingga mengakibatkan pemadaman diawali pada tanggal, 2 Desember 2018 terjadi Gangguan pada Unit 1 Kapasitas 200 KW.

Menurutnya, sistim pembangkit Pulau Hibala masih bisa di backup dari Unit 2 dan unit 3. Lalu pada tanggal, 23 Januari 2019 terjadi lagi gangguan pada mesin unit 2, maka sistim kelistrikan di Pulau Hibala saat Beban Puncak dilakukan Pemadaman bergilir secara terjadwal selama 3 Jam, mulai Pukul 18.00 s.d 20.00 Wib tiap harinya.

“Naasnya, pada tanggal, 4 Februari 2019 terjadi gangguan pada unit 3 hingga pemadaman Total di Pulau Hibala terjadi sampai hari ini,” ucapnya.

“Saat ini kami sudah melakukan upaya pemulihan, namun karena sparepart mesin yang kita punya harus di pesan dari luar indonesia makan di butuhkan waktu beberapa hari lagi sampai barang tersebut sampai di Hibala karena saat ini sparepart mesin tersebut dalam proses pemesanan oleh pihak PLN,” terangnya lagi.

Diakhir penjelasannya, Irvansyah mengatakan jika saat ini pihak PLN sudah menyurati Camat dan masing masing kepala desa terkait Informasi gangguan listrik di wilayah Kecamatan Hibala.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here