Lewat Program Gempur, Bea Cukai Madura Komitmen Berantas Peredaran Rokok Ilegal

oleh -157 views
Saat operasi pasar yang dilakukan juga berkat kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pamekasan .

PAMEKASAN, Sabtu (20/07/2019) suaraindonesia- news.com – Bea Cukai Madura terus berkomitmen untuk memberantas peredaran rokok ilegal di Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Program terbaru adalah Gempur Rokok Ilegal yang merupakan program Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang dimandatorikan kepada seluruh unit vertikal di bawahnya di seluruh Indonesia agar menurunkan angka rokok ilegal.

Kepala Kantor Bea Cukai Madura, Latif Helmi, mengatakan, saat ini pihaknya tengah menjalankani program tersebut seoptimal mungkin baik melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi mau pun melalui kegiatan penegakan hukum. Saat ini sasaran sosialiasi tidak hanya terbatas kepada aparat pemerintah, tokoh masyarakat, pedagang, dan pemilik toko saja.

“Kami juga merambah pada pondok pesantren- di segenap penjuru pulau Madura. Sedangkan dari sisi penegakan hukum, kami secara ofensif melakukan operasi pasar dan penindakan-penindakan berdasarkan informasi intelijen,” ujar Latif.

Latif mengungkapkan, dalam kurun waktu satu bulan, pihaknya telah menindak 3.032.616 batang rokok berbagai merek dan jenis yang termaktub dalam 30 Surat Bukti Penindakan (SBP).

“Jutaan batang rokok ilegal tersebut ditegah petugas di diberbagai tempat di Madura karena tidak dilekati pita cukai atau rokok polos,” terangnya.

Diperkirakan, jutaan batang rokok non cukai tersebut senilai Rp, 2.781.617.400. Sehingga dalam kurun waktu sebulan Bea Cukai Madura mampu menyelamatkan dari hilangnya potensi penerimaan negara sekitar Rp. 1.114.023.000. Berhasilnya operasi pasar yang dilakukan juga berkat kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pamekasan dan Sumenep.

Reporter : May/Ita
Editor : Amin
Publisher : Mariska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *