KPU Undi Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias 2020, Berikut Nomor Urut Masing-masing Paslon

oleh -38 views
Saat acara pengundian nomor urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nias.

NIAS, Kamis (24/9/2020) suaraindonesia-news.com – KPU Kabupaten Nias menggelar cabut undi nomor urut pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Nias yang akan bertarung pada Pilkada Kabupaten Nias tahun 2020, Kamis (24/9) bertempat di Kantor KPU Kabupaten Nias – Gido.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Nias, mewakili Dandim 0213/Nias, Wakapolres Nias, Bawaslu Kabupaten Nias, tokoh agama, keempat pasangan calon kepala daerah Kabupaten Nias, pimpinan partai politik dan para undangan lainnya.

Dalam pencabutan nomor urut, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias, Ya’atulo Gulo, SE, SH, M.Si dan Arota Lase, A.Md mendapat nomor urut 1 (satu), pasangan Drs. Christian Zebua, MM dan Anofuli Lase, SH, MH mendapat nomor urut 2 (dua), pasangan Enanoi Dohare, SH, MH dan Yulius Lase, SE, MH mendapat nomor urut 3 (tiga) dan terakhir disusul pasangan Arosokhi Waruwu, SH, MH dan Asaldin Gea untuk nomor urut 4 (empat).

Pada sambutannya Ketua KPU Kabupaten Nias, Firman Mendrofa mengharap para paslon dapat menciptakan kampanye damai di tengah pandemi covid-19.

“Kami berharap kampanye damai berjalan sesuai dengan deklarasi yang sebentar lagi akan ditandatangani. Mulai tanggal 26 September 2020 kampanye sudah dapat dilakukan sampai tanggal 5 Desember 2020, atau selama 71 hari,” jelas ketua KPU Kabupaten Nias.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Novan Maskurnia Hura siap melakukan fungsinya dalam pengawasan.

“Selamat kepada empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias yang sudah mendapatkan nomor urut. Sebagai Bawaslu, kami akan melakukan fungsi sebagai pengawas yaitu pencegahan dan penindakan, untuk itu kami menghimbau kepada para paslon dan pendukungnya untuk melaksanakan kampanye sesuai aturan yang ada. Kampanye adalah waktunya adu gagasan bagi para calon Bupati dan Wakil Bupati Nias, bukan justru menciptakan ujaran kebencian dan hoax,” ajak Novan.

Lebih lanjut, Ia mengingatkan netralitas TNI-Polri dan ASN.

“Kami juga mengharapkan TNI-Polri dan ASN agar netral dan tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon karena jika terdapat pelanggaran maka ada sangsi pidana,” tegas Novan.

Pada arahannya, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli mengucapkan selamat kepada ke 4 pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Nias atas tahapan yang telah dilalui.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Nias, saya mengucapkan selamat kepada empat pasangan calon yang ikut serta pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias. Nantinya siapa pun pemenangnya jangan berpuas diri apalagi sombong dan bagi yang kalah, masih ada kesempatan dimasa depan,” tutur Bupati Nias.

Pelaksanaan cabut undi menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 dengan melakukan cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh hingga tidak diperkanankannya masa memasuki ruangan tempat dilaksanakan cabut undi.

Selain kegiatan pengundian nomor urut, pada hari yang sama juga KPU melaksanakan deklarasi kampanye damai, dan penandatanganan pakta integritas pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 9 Desember 2020.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *