Kornas TRC PA Dukung Kapolda Jatim Jemput MSA yang Diduga Cabuli Santrinya

oleh
Koordinator Nasional (Kornas) Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak (TRC PA) Rusmini Supriadi.

SURABAYA, Selasa (18/2/2020) suaraindonesia-news.com – Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan akan menjemput anak kiai Jombang, inisial MSA yang diduga mencabuli santrinya. Upaya ini dilakukan Kapolda sendiri agar MSA mau menyerahkan diri.

“Untuk MSA ini, saya bisa datang dengan baik, saya selaku kapolda kalau perlu nanti saya akan datang sendiri, akan datang baik-baik saya ajak ke sini,” kata Irjen Luki di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (17/2).

Kapolda menambahkan, melihat situasi yang berkembang di pondok pesantren, Luki menyebut akan datang sendiri untuk menjaga kondusivitas.

Selain itu, Kapolda menyarankan MSA untuk menggunakan pengacara jika dirinya merasa benar. Kapolda menyebut pihaknya membutuhkan bukti MSA jika mengklaim dirinya tak bersalah. Nantinya, Kapolda juga berjanji akan memproses kasus ini sesuai aturan yang berlaku.

“Karena ini semakin lama akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak lain, kami akan menggunakan asas praduga tak bersalah. Karena jika MSA kemarin masih merasa benar, dan mau menggunakan pengacara silakan. Kami akan proses sesuai aturan dengan bukti-bukti yang ada, kalau memang yang bersangkutan merasa tidak bersalah,” pungkas Kapolda.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Koordinator Nasional (Kornas) Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak (TRC PA) Rusmini Supriadi, sangat mendukung upaya Kapolda Jatim untuk berkenan datang langsung menjemput MSA.

Menurut aktivis yang akrab di sapa Bunda Naumi ini, banyak hal yang dapat di petik oleh masyarakat awam, selain menjaga kondusifitas, upaya Kapolda yang rencananya berkenan hadir ke rumah MSA membuktikan bahwa Polisi selalu bekerja dengan baik, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Semoga juga akan menjadi perhatian buat MSA untuk koperatif agar tidak menghambat proses hukum,” katanya.

Pernyataan yang sama juga di sampaikan oleh Ketua Komnas Perlindungan Anak Aris Merdeka Siraid, bahwa dengan dua alat bukti yang telah di miliki polisi, Aris sangat mendukung upaya Kapolda Jatim untuk menjemput MSA.

“Dan jika di perkenankan, Komnas PA dan Kornas TRC PA bersedia mendampingi Kapolda Jatim untuk turun ke kediaman MSA,” tutur Aris.

Reporter : Bagus/Agus
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *