Koordinasi Pelayanan Pendidikan, Dindik Lumajang Lakukan Teleconference Bersama Staf

oleh -55 views
Kepala Dindik saat ber-Teleconference dengan staf.

LUMAJANG, Selasa (31/3/2020) suaraindonesia-news.com – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Lumajang dengan MKKS SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Lumajang melaksanakan Teleconference dalam rangka koordinasi pelayanan pendidikan terkait penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Lumajang.

Dalam kesempatan ini, PLt. Kepala Dindik Kabupaten Lumajang, Drs. Agus Salim, M.Pd. menyampaikan bahwa setelah ujicoba Early Service Conference (ESC), sebelumnya pada kantor Dindik Kabupaten Lumajang ternyata memang besar animo dunia pendidikan dengan layanan ini.

Karakterisitik kondisi dunia pendidikan di Kabupaten Lumajang saat ini hampir sama, rata-rata menghadapi problematika dan permasalahan yang serupa dengan kondisi saat ini yang melanda Kabupaten Lumajang terkait Dampak Covid-19, terhadap pendidikan. Kedepannya diharapkan pelayanan yang membutuhkan menghadirkan peserta dalam lingkup besar dapat dilaksanakan menggunakan hal yang sama sehingga proses pelayanan dan pemantauan pendidikan di Kabupaten Lumajang dapat terselenggara dengan sangat optimal.

“Ini adalah salah satu upaya untuk memecah kegelisahan masyarakat yang membutuhkan pelayanan dari Dindik, terkait perkembangan kebijakan di dunia pendidikan terkait Edukasi Penanggulangan Covid-19,” kata Agus Salim kepada media ini.

Yang melakukan Teleconference ini, bersama Plt. Kepala Dindik, Kabid GTK, Kabid Dikdas, Kasubag Sungram, dan seluruh jajaran dinas pendidikan yang lain beserta Kepala SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Lumajang.

“Halaman yang sudah disediakan untuk fasilitas teleconference adalahhttp://dindik.lumajangkab.go.id/room,” ungkapnya.

Hasil dari kegiatan Teleconference tadi, diantaranya, yaitu mengingatkan kembali agar bapak/ibu Kepala Sekolah senantiasa melakukan kontrol sekaligus mengingatkan kepada dewan guru, jajaran staf, komite/paguyuban dan jajaran, orang tua/wali murid untuk tidak keluar rumah setelah jam kerja ( kecuali untuk hal – hal yg mendesak ).

“Apabila dijumpai ada yang berpotensi pernah kontak dengan pasien status positif (Confirm), mohon untuk segera melakukan tracing dan diminta untuk mengisolasi mandiri di rumah masing – masing, dan tidak melakukan aktivitas di luar selama 14 hari,” paparnya.

Apabila selama isolasi mandiri, kata Agus Salim ada keluhan kesehatan, maka bisa memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat atau bisa konsultasi ke posko ( 0334 ) 8784119.

“Surat Edaran (SE) kegiatan belajar/bekerja di rumah berserta perpanjangannya bermaksud menyelamatkan siswa, guru, dan semua warga sekolah,” ungkapnya lagi.

Kepala Sekolah dan Guru, beserta Tenaga Kependidikan, dibeberkan Agus Salim, harus mempunyai inovasi dalam menghadapi pencegahan Covid-19, untuk selalu menjaga kebersihan kesehatan diri, dan tetap menjaga kebersihan sekolah dengan melaksanakan penyemprotan desinfektan sesering mungkin.

“Semua siswa tetap belajar di rumah sesuai jadwal yang telah ditetapkan, selalu menjaga kesehatan diri dengan menjaga kebugaran tubuh,  kebersihan lingkungan rumah, dan pada malam hari dianjurkan tidak boleh keluar rumah,” tambahnya lagi.

Sementara itu, dikatakan Kabid Dikdas Dindik Kabupaten Lumajang, Suryadi, kepada media ini menerangkan kalau kegiatan Ujian Nasional (UN) sesuai SE Kemendikbud tidak dilaksanakan, tetapi dikarenakan kondisi soal tryout UN Tahun 2020 yang sudah jadi akan dijadikan untuk tryout US bisa di gunakan online/semi online.

US dan ujian lokal yang lain, kata Suryadi, tetap dilaksanakan tidak boleh dalam bentuk pengelompokan siswa maupun orang tua. Soal tryout akan dibuat berbasis online. Guru harus tetap melaksanakan proses belajar mengajar, membina, dan mengevaluasi selama bekerja di rumah. Guru sejatinya tidak libur dan harus menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dari rumah.

“Semua ASN dan Non ASN tidak diperkenankan dan tidak boleh bepergian keluar kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Dalam kesempatan kali ini, Teleconference yang disediakan di laman resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang ini akan di jadikan sebuah sarana layanan publik yang akan terus di jalankan sebagai alat koordinasi Dindik Kabupaten Lumajang, terhadap pengguna di kalangan pendidikan Kabupaten Lumajang.

Dengan harapan aplikasi tersebut dapat membantu para stakeholder internal Dindik maupun stakeholder eksternal, seperti para Guru Tenaga Kependidikan dan masyarakat.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publisher : Ela