Ketua DP Sampang Ingatkan Masyarakat Pilih Calon Bupati Yang Peduli Dunia Pendidikan

oleh -98 views
FOTO : Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sampang Imam Abu Cholid, mengingatkan masyarakat Sampang, agar memilih Calon Bupati yang peduli pada dunia pendidikan Sampang. (FT/Nor/SI)

SAMPANG, Kamis (6/6/2024) suaraindonesia-news.com – Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sampang, Imam Abu Cholid mengingatkan masyarakat Sampang, agar dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Sampang, memilih pemimpin yang perduli pada dunia pendidikan dan punya latar belakang pendidikan yang kuat.

Artinya, dalam visi dan misi Calon Bupati Sampang harus jelas dan kuat terkait dalam meningkatkan dan memajukan dunia pendidikan Kabupaten Sampang. Karena, permasalahan pendidikan ini sangat kompleks. Jadi, perlu penanganan yang serius dan nyata dari seorang pemimpin.

Mengapa? karena dunia pendidikan merupakan organ yang sangat vital dalam sistem pemerintahan. Sebab, menyangkut sumber daya manusia (SDM). Dan saat ini, dunia pendidikan Kabupaten Sampang, masih lemah dan memprihatinkan.

“Pada momen Pilkada Kabupaten Sampang saat ini, adalah kesempatan bagi seluruh elemen masyarakat Sampang, untuk cerdas dalam memilih pemimpin. Karena, kuat atau majunya suatu daerah maka lihatlah dunia pendidikannya,” ungkapnya pada media ini.

Dijelaskannya, masalah rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menjadi momok bagi dunia pendidikan Kabupaten Sampang, harus ada terobosan bersama yang nyata dan serius, baik dari Pemerintah Daerah, Disdik dan lembaga yang terkait dengan dunia pendidikan Sampang.

Masalah pendidikan di Sampang lanjutnya, terutama Indeks Pembangunan Manusia (IPM), masih terendah berada di urutan ke 36 dari 38 Kabupaten/Kota se–Jawa Timur. Juga, masalah sarana dan prasarana sekolah yang masih banyak rusak berat. Kwalitas guru pengajar yang masih rendah dan terkesan kurang memiliki jiwa pendidik. Dan, Image sekolah Negeri yang kalah dengan sekolah swasta.

Baca Juga: Selain Pengasuh Ponpes Nazhatut Thullab, Bacabup Gus Mamak Juga Pemilik Beberapa Lembaga Pendidikan

“Sesuai data Dewan Pendidikan Sampang yang berhasil dikumpulkan, sementara ini kebutuhan ijazah paket jumlahnya sebanyak 15.703 orang, dengan catatan mereka di atas usia 25 tahun, yang belum memiliki ijazah formal,” ungkapnya.

Untuk rinciannya, tingkat SD setara Paket A membutuhkan 2.226 Ijazah. Paket B setara SLTP sebanyak 6.437. Dan Paket C setara SMA sebanyak 7.040 ijazah. Itu baru 9 kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang.

“Artinya ada 5 kecamatan yang belum di data, yaitu kecamatan Torjun, Sokobanah, Banyuates, Ketapang, dan kecamatan Karang Penang,” imbuhnya.

Reporter: Nora
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan