Kejari Gaos Hadiri Milad ICMI Ke-28

ROHIL, Sabtu (15/12/2018) suaraindonesia-news.com – Kejari Gaos Wicaksono, S.H., M.H menghadiri Milad ke 28 Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Orda Rokan Hilir, Jumat Sore, (14/12/2018).

Acara yang berlangsung di Gedung Hotel Mahera itu juga dihadiri oleh Pimpinan Bank Syariah Mandiri (BSM), Perwakilan Baznas Rokan Hilir, Ketua Nahdatul Ulama (NU) Rokan Hilir, Perwakilan Polsek Bangko, dan Ormas lainnya serta tamu undangan.

Milad Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Orda Rohil mengangkat tema Tantangan Ekonomi Syariah dalam Era Globalisasi.

Kejari Rokan Hilir dalam sambutannya mengapresiasi program kebijakan ICMI secara langsung maupun tidak langsung telah berkontribusi terhadap lahirnya kalangan Muslim terpelajar, modern, berwawasan, berbudaya, serta mendapat tempat di Institusi-Institusi modern. Dan juga ICMI berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

Kejari Rohil juga menjabarkan terkait tema kegiatan itu, menurutnya saat ini sebagai Negara berpenduduk Muslim terbesar.

“Kita sudah sewajarnya memiliki sistem ekonomi yang mampu mendorong tercapainya ekonomi berbasis Islam yang mampu bersaing dengan ekonomi konvensional,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi untuk mencapai tujuan supaya ekonomi Islam dapat membawa perubahan sistem ekonomi Dunia yang berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah dalam Era Globalisasi, meskipun ada pihak-pihak yang meragukan kemampuan ekonomi Islam menjadi alternatif dan sekaligus mengganti sistem ekonomi Konvensional yang dipraktekkan di kebanyakan Negara.

“Pendekatan ke arah pelaksanaan sistem ekonomi Islam pada sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam juga merupakan tantangan dalam pencapaian peran yang optimal,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya dan sekaligus membuka kegiatan ini, Kejari Rohil mengajak semua tamu undangan untuk dapat berpartisi dalam membantu pendanaan terhadap ICMI, dan juga pembinaan, apabila ini dilaksanakan akan menjadi amal ibadah dan amal kebaikan.

Sementara itu, Ketua ICMI Orda Rohil Dr.Suratmin menambahkan bahwa memasuki usia ICMI yang ke 28 tahun, ICMI Rokan Hilir mengadakan acara yang sederhana. Tetapi dari kesederhanaan itu, kita mengambil hikmah dan tujuan, di mana ICMI di sini ingin berbagi pengetahuan, teori, yang nantinya dapat dikembangkan.

ICMI juga bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk pembinaan pada UMKM, dan juga di tahun 2019 akan memberikan bantuan dana dari dana syariah.

“ICMI Rokan Hilir ingin terus mengabdi, bekerja, mengajak semuanya untuk berpikir bersama-sama seluruh elemen dan kalangan di Rokan Hilir, tidak mudah namun itulah yang harus kita laksanakan,” ujarnya.

“Dan yang kita tahu adalah ekonomi syariah pada saat ini hanya negara-negara Islam yang kurang menyadari pentingnya ekonomi syariah,sementara negara-negara yang non-muslim malah banyak yang mengembangkan ekonomi syariah bahkan sampai 70%. Contohnya seperti Negara Denmark, bahwa mereka menganggap ekonomi syariah, walaupun namanya bukan syariah, tetapi mereka percaya bahwa dasar-dasar ekonomi syariah itulah yang nantinya akan bisa menguatkan pondasi ekonomi mereka,” tukas Suratmin.

Reporter : Arif
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here