Kecamatan Setia Gelar Musrenbang RKPK 2021

oleh -17 views
Camat Kecamatan Setia, Raifin, S.Pd. SD saat membuka musrenbang SKPK tahun 2021 di Aula Kantor Setempat.

ABDYA, Kamis (25/2/2021) suaraindonesia-news.com – Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 dengan tema “meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pengentasan kemiskinan”, kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Camat Setempat.

Pantauan awak media, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Camat Setia Raifin, S.Pd, SD yang dihadiri, Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Kapospol Aiptu T. Hendri Hadi, Danposramil 08 diwakili Sertu Hari Yono. Dan Anggota DPRK Perwakilan Dapil II Kec. Setia, Tangan-Tangan, Manggeng, Lembah Sabil yaitu, Hamdani JB, Said Abbas, Tgk Cut Rahman, Syamsul Rizal, Sp,
SKPK, Para Kabid, Imum Mukim, Keuchik Tuha Peut, Operator, Sekdes, PD Kecamatan serta tamu undangan lainnya.

Camat Setia, Raifin S.Pd, SD dalam sambutannya mengatakan, bahwa program pembangunan yang akan di usulkan nanti haruslah berpijak pada nilai ketahanan gampong dan daerah. Sehingga diharapkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat gampong khususnya di Kecamatan Setia bisa meningkat.

Dijelaskan Camat, pada Musrenbang tahun ini pihaknya mengusulkan untuk membangun pasar setia dan renovasi kantor Camat, karna itu yang menjadi prioritas untuk masyarakat kecamatan setia, apalagi dari unsur muspika kecamatan sangat gigih untuk membantu perekonomian masyarakat kecamatan Setia.

“Pasar itu merupakan pertumbuhan ekonomi masyarakat supaya berkembang dan lebih maju sehingga jangan tersendat-sendat pembangunannya, disamping itu kita juga mengusul rehab kantor camat seperti Pagar, Pintu, Jendela,Gapura dan tempat parkir. besar harapannya kepada pemerintah daerah semoga hal ini bisa terlaksana,” Sebutnya.

Lebih lanjut Camat mengatakan, dalam menyusun program pembangunan perlu adanya skala prioritas dan musyawarah agar bisa melihat sektor mana yang mempunyai urgensi untuk segera di benahi.

Namun untuk itu, para Keuchik dan Camat sebagai pemimpin di tingkat Kecamatan harus mempunyai inovasi dan kreatifitas dalam membangkitkan ekonomi masyarakatnya secara mandiri.

”Tujuan di adakannya Musrenbang ini adalah untuk mengakomodasi semua pihak mulai dari perangkat Desa sampai kepada seluruh masyarakat di kecamatan Setia untuk ikut dalam proses perencanaan pembangunan sehingga nantinya diharapkan segala pembangunan yang dilakukan dapat berguna,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Abdya melalui kabid KSDM Dedi Sahputra, ST menjelaskan, bahwa jika nantinya tidak terakomodir melalui Musrenbang ini bisa melalui hasil Reses anggota DPRK mana yang lebih prioritas dan itu akan ditindak lanjuti ditingkat Kabupaten.

“Di kabupaten Abdya juga ada salah satu Desa yang belum sempat Imput, maka secara tahapan dan secara aplikasi itu tidak bisa di imput lagi karna waktu sudah ditutup,” ujarnya.

Adapun demikian, bagi Desa yang belum sempat imput program solusinya, kata dia, yang pertama bisa melalui Pokir DPRK, melalui SKPK terkait dan menyampaikan ada yang sangat penting dan diprioritaskan dan dilaksanakan di tahun 2022.

“Kemudian melalui, Camat dengan cara membuat Talaah Staf ke pimpinan daerah apa yang bisa di usulkan untuk pembangunan atau perencanaan di tahun 2022,” jelasnya.

Diketahui, pada musrenbang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19. Panitia dan tamu undangan seluruhnya berkenan mengikuti protokol kesehatan, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *