Kak Dedie Minta Anggota Pramuka Jadi Duta Perubahan Perilaku di New Normal

oleh -245 views
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Dedie A. Rachim saat meminta setiap anggota pramuka berperan sebagai duta perubahan perilaku dalam tatanan kehidupan baru atau New Normal.

KOTA BOGOR, Sabtu (14/08/2021) suaraindonesia-news.com – Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Dedie A. Rachim meminta setiap anggota pramuka berperan sebagai duta perubahan perilaku dalam tatanan kehidupan baru atau New Normal.

Hal ini dikatakannya saat Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021 Tingkat Kota Bogor yang dipusatkan di SMPN 4 Kota Bogor, Sabtu (14/08/2021).

Kak Dedie sapaannya menyebut, di Kota Bogor setelah adanya pandemi Covid-19, dikoordinir Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli telah melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya pembentukan Tim Walet bekerjasama dengan Dispora Kota Bogor yang telah bertugas selama 4 bulan sejak Maret hingga Juni 2021.

Tim Walet ini berperan aktif dalam membantu penanganan dan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat Kota Bogor.

“Kemudian mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat Kota Bogor. Dengan membantu sosialisasi akan pentingnya pemberian vaksinasi, termasuk terjun langsung sebagai relawan pendamping di sentra vaksin yang didirikan pemkot Bogor,” ujar Kak Dedie.

Selain itu, bagi warga Kota Bogor yang terdampak baik dari segi ekonomi maupun kesehatan, Kwarcab Kota Bogor berusaha mengumpulkan berbagai bahan kebutuhan pokok untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Juga membantu melakukan penyemprotan disinfektan di sarana umum, sarana peribadatan maupun di lingkungan masyarakat di enam kwarran se-Kota Bogor.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Bogor ini menyampaikan, prestasi sebagai Kwarcab tergiat kesatu di Jawa Barat, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor tidak lantas berdiam diri dan berpangku tangan.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi, kegiatan latihan pramuka di tingkat gugus depan (Gudep), Kwartir ranting (Kwarran) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) dapat tetap dilaksanakan, hal ini juga diperkuat dengan hadirnya Tv Pramuka Kota Bogor.

“Beragam kegiatan pramuka dapat kami laksanakan, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, termasuk berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang menunjukkan kepedulian dan perhatian mendalam anggota Pramuka Kota Bogor dalam upaya mencegah penyebaran dan menangani pandemi Covid-19 di Kota Bogor,” tuturnya.

Melalui berbagai modifikasi dan inovasi kata dia, kegiatan pembinaan anggota muda mulai dari siaga, penggalang, penegak, pandega hingga Satuan Karya tetap dilaksanakan walaupun tanpa tatap muka, hingga akhirnya Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor berhasil merekrut sekitar 300 orang lebih anggota pramuka garuda dari berbagai golongan.

Prestasi lain yang menjadi hadiah di Hari Pramuka ini Kak Dedie menambahkan, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor berhasil mengantarkan para anggotanya mendapatkan penghargaan dari Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia dan menjadikan Kwarcab terbanyak di Jawa Barat yang anggotanya berhasil mendapatkan penghargaan lencana teladan sebagai penghargaan tertinggi bagi seorang anggota pramuka.

“Ada 14 anggota pramuka dari 19 anggota pramuka di Jawa Barat. Dengan rincian, pramuka siaga sebanyak 4 anggota, penggalang sebanyak 9 anggota dan penegak satu anggota,” sebutnya.

Kak Dedie menambahkan, sebagai upaya peningkatan mutu dan kualitas pembinaan pramuka di Gugus Depan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Gerakan Pramuka dalam hal akreditasi dan sertifikasi gugus depan, setelah berjalan 8 tahun Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor untuk pertama kalinya berhasil mengantarkan 16 gugus depan putra dan 19 gugus depan putri mendapatkan akreditasi.

“Predikat A 22 gugus depan dan predikat B 13 gugus depan,” katanya.

Selain dihadiri secara langsung dengan protokol kesehatan, upacara juga diikuti secara virtual anggota dan pengurus di 6 Kwartir Ranting (Kwaran) Kota Bogor dan diikuti satu anggota pramuka yang berasal dari Amerika Serikat.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *