Jumat, DSI Abdya Eksekusi Pelanggar Syariat

Kabid pengembangan sumber daya syariat islam Opal Safrizal Putra, Lc.MA.

ABDYA, Rabu (10/7/2019) suaraindonesia-news.com – Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan melasanakan eksekusi hukuman canbuk terhadap 21 oarang pelanggar syariat dikabupaten setempat.

“Prosesi pelaksanaan hukum cambuk tersebut akan berlangsung di Kompleks lembaga pemasyaratan (Lapas) kelas III Blangpidie di Alue dama kecamatan setia,” kata Plt Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Abdya, Ubaidillah melalui kabid pengembangan sumber daya syariat islam Opal Safrizal Putra, Lc. MA.

Dilanjutkan Opal, pelaksanaannya direncakankan pada hari Jumat (19/7/2019) sekira pukul, 9:00.WIB sampai 11 : 00 WIB.

“Kegiatan ini juga akan dihadiri oleh pejabat pemkab serta unsur muspika, ormas, dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian Resor (Polres) Abdya,” terangnya.

Terpidana cambuk itu, lanjut Opal terdiri dari beberapa kasus, seperti kasus permerkosaan, pelecehan seksual, ikhtilat, maisir dan jinayah.
“Dasar dilaksanakan eksekusi cambuk ini merujuk kepada qanun Aceh tahun 2014 tentang jinayah dan sumber anggaranya dari Dipa tahun 2019,” katanya.

Kegiatan itu, katanya tidak termasuk kasus yang melibatkan oknum ASN yang diduga berbuat mesum, dikarenakan saat ini masih dalam persidangan.

“Oknum ASN ini nantinya akan dieksekusi tahap kedua,” kata Opal.

Ia berharap, kegiatan itu dapat melahirkan epek jera dari masyarakat.

“Tujuan dieksekusi cambuk ini  adalah menjadi pelajaran bagi masyarakat dan untuk tidak menggulangi hal-hal maksiat di bumo breuh sigupai Abdya lagi,” tegas Opal.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here