Jelang Pendaftaran, KPUD NTT Gelar Bimtek Bersama 10 KPUD di NTT

Ketua KPUD NTT, Maryanti Luturmas Adoe bersama ke-5 Komisioner KPUD NTT dalam kegiatan Bimtek Pencalonan KADA di Aula KPUD NTT, Selasa, (02/01) Pukul 17.30 Wita

KUPANG-NTT, Selasa (2/1/2018) suaraindonesia-news.com – Untuk menyukseskan tahapan penyelenggaraan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Bupati dan Wakil Bupati 10 kabupaten se-provinasi NTT yang serentak akan di laksanakan tanggal 27 juni 2018 mendatang, KPUD NTT dan 10 KPUD penyelenggara Pilkada se-provinsi NTT matangkan persiapan dengan menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Ketua KPUD Provinsi NTT, Maryanti Luturmas Adoe dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Bimtek tersebut mengatakan bahwa, kegiatan Bimtek ini merupakan monentum penyamaan persepsi dalam menghadapi semua tahapan Pemilukada yang akan dihelat tahun ini khususnya tahapan awal yang laling penting yakni Pendaftaran Pasangan Calon Kepala Daerah Baik Gubernur dan Wakil Gubernur maupaun Bupati dan Wakil Bupati.

“Mengingat kita akan segera mengawali semua tahapan Pemilukada di NTT dengan tahapan yang maha penting yakni tahapan pendaftaran Pasangan Kepala Daerah pada Tanggal 08-10 Januari 2018, maka kita menggelar kegiatan Bimtek ini untuk menyamakan persepsi agar dapat mempersiapkan segala kebutuhan teknis khususnya sosialisasi persyaratan pendaftaran bagi Para pasangan Calon Kepala Daerah,” terangnya.

Penyamaan persepsi yang dimaksudkan adalah untuk mematangkan pemahaman teknis tentang syarat Pencalonan dan syarat Calon demi meminimalisir terjadinya perbennturan pemahaman teknis dengan pihak Panwaslu dan Bawaslu.

Lebih lanjut Maryanti menghimbau agar Komisioner KPUD terus membangun koordinasi yang intensif serta selalu melibatkan lembaga Bawaslu dan Panwaslu dalam setiap kegiatan yang digelar didaerah masing-masing.

Baca Juga: PKB Kabupaten Kupang Siap Menangkan Paket Tirosa 

“Saya menghimbau agar apabila ada potensi terjadinya masalah dalam penyelenggaraan Pemilu didaerah masing-masing agar Segera berkoordinasi dengan KPUD provinsi serta harus melibatkan Pihak Bawaslu dan Panwaslu dalam setiap kegiatan yang digelar didaerah masing-masing demi suksesnya Pemilukada serentak di NTT tahun ini sesuai ketentuan regulasi yang sudah ditetapkan, Kegiatan Bimtek ini juga diharapkan untuk memberikan persepsi yang sama diantara 5 Komisioner KPUD dimasing-masing daerah,” tegasnya.

Sementara anggota Komisioner KPUD NTT bidabg Divisi Teknis, Thomas Dhou dalam materi Bimteknya kembali mengingatkan agar para komisioner KPUD agar dapat menjalankan tata cara pendaftaran pasangan Calon Kepala Daerah sesuai agamanat undang-undang Pemilukada serentak tahun 2018 yang sudah ditetapkan.

“Hal Yang paling penting untuk diperhatikan dalam proses pendaftaran Pasangan Calon Kepala Daerah adalah tata cara pencalonan sesuai format (BKWK, B1, B2, B3 an B4) serta SK gabungan dari Partai Koalisi pengusung bakal calon dan SK terhadap bakal calon yang bersangkutan sebagaimana yang telah diperoleh dalam Bintek divisi teknis di Banjarmasin dan Jakarta serta kegiatan rapat koordinasi (rakor) regional yang telah diperoleh di Rakor Sumba Barat Daya dan Ende,” jelasnya.

Untuk diketahui, Jadwal Pendaftaran Calon Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Bupati dan Wakil Bupati di 10 Kabupaten di NTT secara serentak akan dilaksanakan pada tanggal 08-10 Januari 2018.

Reporter : Yoko
Editor : Panji Agira
Publisher : Tolak Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here