Jelang Idul Adha 1445 H, DKPP Pamekasan Gelar Pasar Tani Galak

oleh -3 views
Foto: Pembukaan Pasar Tani Galak ditandai dengan Pemotongan Pita oleh Seketaris Daerah Ach. Faisol didampingi Kepala DKPP Pamekasan.

PAMEKASAN, Rabu (13/06) suaraindonesia-news.com – Menjelang hari raya idul adha 1445 H Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar Pasar Tani Galak Kemilau dengan harga murah di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Proppo Pamekasan.

Pasar Tani Galak Kemilau yang digelar di BPP Kecamatan Proppo tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pamekasan, Ach. Faisol. Pasar tani galak ini nantinya akan digelar sebanyak 4 kali selama setahun. Kegiatan ini Dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.

Pasar Tani Galak Kemilau bertujuan untuk mempertemukan petani dengan konsumen secara langsung dengan harga lebih murah dibanding harga di pasar.

Selain itu Pemkab Pamekasan juga memasarkan produk UMKM hasil DKPP dengan berbagai macam makanan hingga barang.

“Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan,mengatakan kegiatan pasar tani galak kemilau ini merupakan kegiatan kedua. Kegiatan pertama sudah kami gelar di BPP Kecamatan Galis. Acara ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 12 sampai 13 Juni 2024,” ucapnya.

Nolo, sapaan akrabnya, pasar tani galak tersebut juga diikuti dengan launching penyerahan bantuan bibit bawang dan cabe kepada konsumen.

Baca Juga: Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Pamekasan Bersama Media dan Komunitas Vespa Bersih-Bersih TMP

“Setiap konsumen yang datang ke pasar tani galak diberi satu bibit bawang dan cabe dengan tujuan agar ditanam di pekarangan dekat rumahnya,” ucap Nolo.

Lebih lanjut Nolo menjelaskan, bahwa pihaknya juga menyediakan sembako berkualitas bagus dengan harga lebih murah dibandingkan harga di pasar. Program ini menjadi pasar yang pertama untuk menjual hasil pertanian secara langsung kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias menyambut program ini. Sebagian produk sudah habis dibeli. Ini salah satu kegiatan kita bagaimana kita mengendalikan inflasi pasar murah,” pungkasnya.

Pihaknya juga berharap atas diselenggarakannya pasar tani galak ini masyarakat bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan kualitas lebih bagus di tengah naiknya harga kebutuhan jelang idul Adha.

Reporter : May
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan