Jalin Kerjasama, BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Nias Selatan Siap Layani Masyarakat

oleh
Foto saat Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli menyampaikan sambutannya.

NIAS SELATAN, Senin (27/1/2020) suaraindonesia-news.com – Awal Tahun 2020, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli perkuat komitmen layanan JKN-KIS bagi masyarakat dengan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan dan Klinik Pratama.

Kegiatan tersebut di hadiri Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer, Kepala Puskesmas, dan Pimpinan masing-masing Klinik Pratama.

Dalam sambutannya Kepala BPJS Kesehatan, Harry Nurdiansyah menyampaikan tujuan kerjasama tersebut. Setiap tahunnya BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli melangsungkan penandatangan perjanjian kerja sama dengan Dinas Kesehata dimasing-masing wilayah termasuk Nias Selatan.

“Tujuannya agar masing-masing pihak memiliki rules yang jelas dalam menjalankan ruang lingkup pekerjaan, serta hak dan kewajiban dari masing-masing pihak. Dilain sisi, penandatanganan ini juga bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS, lewat komitmen yang telah ditandatangani,” tuturnya kepada peserta pertemuan.

Lebih lanjut Harry menyampaikan, ada beberapa hal pokok yang diperbarui dari perjanjian kerja sama di tahun sebelumnya, salah satunya dalam hal ketentuan kapitasi berbasis komitmen (KBK).

“Perjanjian kerja sama yang disepakati tahun lalu, mengatur sistem kapitasi dalam lampiran, namun untuk tahun ini kita telah masukkan sistem pembayaran KBK ke dalam poin utama perjanjian. Tujuannya agar tercipta pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien serta terbukti mampu meningkatkan peforma dari FKTP dalam memberikan layanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS,” lanjut Harry.

Terdapat beberapa poin yang menjadi komitmen bersama BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli dengan FKTP yang terdapat di Kabupaten Nias Selatan. Diantaranya kunjungan peserta wajib di entry di aplikasi P-care secara real time, optimalisasi rujukan horizontal, laporan pelayanan secara tepat waktu, dan updateing penggunaaan aplikasi Hfis secara rutin.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan Heni Duha menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berupaya maksimal untuk memberikan layanan terbaik dan memenuhi komitmen layanan yang telah disepakati oleh para pihak.

“Untuk wilayah Kepulauan Nias, Kabupaten Nias Selatan merupakan Kabupaten dengan jumlah Kecamatan dan jumlah FKTP terbanyak. Ditambah dengan banyaknya kepulauan yang tersebar di Kabupaten ini. Tentunya hal ini dapat menimbulkan tantangan baru, diantaranya letak geografis, jaringan, dan penyebaran informasi di Kabupaten Nias Selatan. Namun, kami akan tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik dan menyebarkan informasi yang merata. Disisi lain, kami akan terus menjaga komunikasi dan koordinasi dengan BPJS Kesehatan agar masing-masing FKTP mendapatkan pemahaman yang sama dan merata terhadap informasi seputar JKN-KIS,” tutupnya.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *