Jabat 2 Tahun, Dapat 2 Kali Opini WTP

oleh -18 views
Bupati dan ketua DPRD Lumajang saat menerima WTP.

LUMAJANG, Rabu (21/10/2020) suaraindonesia-news.com – Selama Bupati dan Wakil Bupati menjabat di tahun kedua ini, ternyata ada penghargaan lagi yang patut diapresiasi oleh masyarakat, yaitu atas diraihnya kembali Opini Audit Laporan Keuangan “Wajar Tanpa Pengecualian” (WTP) oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Masyarakat Lumajang, sangat salut dan hormat kepada Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dan Wakil Bupati (Wabup) Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah).

“Kami menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan RI, atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019, dengan predikat Opini WTP,” papar Bupati Lumajang.

Penghargaan tersebut, kata Cak Thoriq, diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bertempat di Convention Hall Lantai III Grand City Kota Surabaya, beberapa waktu yang lalu.

Cak Thoriq juga menyampaikan lagi, bahwa dalam masa kepemimpinannya selama dua tahun ini, Pemkab Lumajang telah dua kali berturut-turut memperoleh penghargaan Opini WTP, yakni Laporan Keuangan Daerah Tahun 2018 dan 2019.

“Alhamdulillah ini tahun kedua kita mendapatkan Opini WTP, ini juga evaluasi bagi kita Pemkab Lumajang untuk supaya mempertahankan predikat Opini WTP ini, tentu ini harus kita tingkatkan dari tahun ke tahun,” ujarnya saat dimintai keterangan usai menerima penghargaan tersebut.

Menurutnya, dari hasil Opini WTP tersebut, Laporan Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten Lumajang sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Lanjut dia, sesuai yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur Dedi Sopandi, bahwa Opini WTP merupakan salah satu indikator pengelolaan keuangan negara yang sehat.

Oleh karena itu, diharapkan agar penghargaan Opini WTP yang diperoleh dapat menjadi motivasi Pemerintah Daerah maupun Provinsi dalam menyajikan laporan keuangan negara sesuai SAP.

“Opini WTP ini adalah satu indikator pengelolaan keuangan negara dengan sehat, semoga ini menjadi semangat bersama untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel,” harapnya. (adv)

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *