Ini Aksi Jurnalis Probolinggo Raya Peringati Ke-74 HPN Tahun 2020

oleh
Foto : Tanam Anggur, Aksi Jurnalis Probolinggo Raya dalam rangka memperingati ke-74 HPN tahun 2020.

PROBOLINGGO, Senin (17/2/2020) suaraindonesia-news.com – Jurnalis Probolinggo raya yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Probolinggo (AJPRO) dan POKJA Jurnalis Kraksaan melakukan aksi tanam anggur dalam rangka memperingati ke-74 Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020.

Aksi tanam anggur dilakukan disepanjang jalan Panglima Sudirman Kota Probolinggo mulai dari depan Kantor Wali Kota hingga perempatan Brak depan Rumah Dinas Wali Kota, Senin (17/2/20) pagi.

Kegiatan tanam anggur ini adalah merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan ke-74 HPN tahun 2020. Yang mana sebelumnya, pada tanggal 10-Februari-2020 Jurnalis yang tergabung dalam AJPRO dan POKJA Jurnalis Kraksaan ini telah menggelar Upacara Bendera Merah Putih di halaman Museum Kota Probolinggo yang diikuti oleh segenap Forkopimda setempat, TNI – POLRI dan MUI. Serta pada 12-13-Februari melakukan aksi bakti sosial (Baksos) di beberapa pondok pesantren.

“Kegiatan Penanaman Pohon Anggur Memperingati HPN tahun 2020 ini juga untuk mendukung program Pemerintah Kota Probolinggo guna mengembalikan ikon Kota Probolinggo yang dikenal dengan anggur dan mangganya,” ujar ketua panitia Hisbullah Huda dalam laporannya.

Ia katakan, mimpi dan niat tulus dari teman-teman media agar kegiatan ini menjadi program yang berkelanjutan yang pada akhirnya akan memunculkan potensi destinasi wisata baru jika pohon anggur yang kita tanam hari ini tumbuh dan subur serta menghasilkan buah sehingga bisa dirasakan oleh warga Kota Probolinggo ataupun warga luar Kota Probolinggo.

“Hasil yang diharapkan adanya integrasi dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, DPUPR, yang pada akhirnya akan dieksplor oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata untuk dijadikan potensi Destinasi Wisata baru di Kota Probolinggo,” ungkap Huda panggilan akrabnya.

“Semoga kedepan bisa terlaksana kegiatan yang lebih bermanfaat lagi, masukan dan kritikan yang membangun sangat kami harapkan,” harapnya.

Sementara Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya sangat mengapresiasi aksi jurnalis yang tergabung dalam AJPRO dan POKJA Jurnalis Kraksaan yang melakukan aksi tanam anggur memperingati ke-74 HPN 2020 guna mendukung program Pemerintah Kota Probolinggo untuk mengembalikan ikon Kota Probolinggo yang dikenal dengan anggur dan mangganya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dijadikan momentum untuk bersama-sama antara rekan-rekan pers bersama pemerintahan dan jajaran lainnya untuk bisa membawa kota probolinggo lebih baik lagi kedepannya,” tutur Habib Hadi, sapaan akrab wali kota probolinggo ini.

Ia mengapresiasi gerakan teman-teman media yang ikut serta mensukseskan program pemerintah, yaitu, menjaga, mengembangkan, dan melestarikan ikon kota probolinggo. Yang mana ikon Kota Probolinggo ada mangga dan anggur.

“Mudah-mudahan adanya kegiatan ini bisa ditiru oleh masyarakat, dan masyarakat bisa ikut serta menyadari bahwasannya melestarikan ikon kota probolinggo adalah kewajiban kita bersama,” kata Habib Hadi.

Menurut Habib Hadi, bukan semata-mata pemerintah yang punya gagasan, tetapi masyarakat juga harus andil untuk bisa mewujudkan apa yang dicanangkan pemerintah sehingga bisa melestarikan ikon Kota Probolinggo.

“Tentu inilah bentuk kebersamaan antara rekan-rekan media yang mana keberadaan ini bisa menjadi sumbangsih yang positif terhadap masyarakat,” tuturnya

Ia berharap keberadaan jurnalis/insan pers bisa menjadi bagian yang bisa mengedukasi masyarakat, bisa mengarahkan masyarakat, untuk bisa bersama-sama mewujudkan suatu hal yang menjadi harapan kita semuanya.

“Jurnalis atau insan pers bukan menjadi bagian yang membingungkan masyarakat karena informasinya. Karena masyarakat ingin menerima informasi pemerintahan dari insan pers yang sesuai harapan dan sesuai fakta,” ujar Wali Kota Habib Hadi.

Wali kota juga meminta kepada insan pers, dengan HPN ini menjadikan kebersamaan untuk kedepan lebih baik lagi, dan berharap ada komunikasi bila ada suatu hal yang perlu di klarifikasi.

“Tolong rekan-rekan media untuk tanya bila ada hal-hal yang perlu diklarifikasi. Namun saya yakin teman-teman pers, khususnya yang ada di wilayah kota probolinggo, saya yakin semuanya punya komitmen yang sama akan memberitakan sesuai dengan fakta-fakta yang ada,” kata Habib Hadi.

Sebagus apapun yang dilakukan pemerintah, lanjut Habib Hadi, tanpa ada kebersamaan dengan media, masyarakat tidak tau.

“Masyarakat tau karena adanya informasi dari media mainstream. Itulah gunanya sinergi antara pemerintah dengan rekan-rekan pers,” ucap wali kota.

“Apalagi pemerintah Kota Probolinggo ingin mengembangkan destinasi wisata potensi yang ada di Kota Probolinggo. Tanpa melibatkan rekan-rekan media/pers mustahil bisa terwujud,” tambahnya.

Jadi kata Habib Hadi, keberhasilan pemerintah adanya keterlibatan teman-teman pers, dan ketinggalan juga ada keterlibatan teman-teman pers. Kita sama-sama memberi masukan karena kita sama-sama membutuhkan.

“Yang paling penting jangan ada miskomunikasi,” tandas Habib Hadi.

Perlu diketahui, bahwa pelaksanaan kegiatan Penanaman Pohon Anggur ini melibatkan berbagai pihak, antara lain seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkot Probolinggo, mulai Badan, Dinas, dan Camat, anggota TNI dari Kodim 0820, para pejabat utama Polres Probolinggo Kota beserta jajaran Polsek, Forkopimda, perusahaan, beserta seluruh media cetak, online dan televisi yang tergabung dalam AJPRO dan POKJA Jurnalis Kraksaan.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *