Hujan Lebat, Tiga Desa di Kecamatan Lenteng Sumenep Terendam Air

oleh -207 views
Tiga Desa di Kecamatan Lenteng Sumenep Terendam Air

SUMENEP, Kamis (21/12/2017) suaraindonesia-news.com – Akibat hujan lebat mengguyur Sumenep pada Rabu (20/12 2017) malam, membuat tanggul sungai di Desa muangan jebol, akibatnya rumah dan lahan pertanian tiga Desa di Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Terendam air.

Tiga Desa yang kenak dampak terendam banjir luapan tanggul jebol sungai tersebut, adalah Desa Cangkreng, Desa Meddelen dan Desa sendir.

Menurut Sutrisno warga Desa Cangkreng mengatakan, curah hujan memang cukup lebat, dan sungai di Desa muangan tidak bisa menampung air kiriman mengakibatkan tanggul sungai tersebut jebol.

“Lahan tanaman padi yang berumur 10 hari lahan sawah yang sudah tertanam gagal panen terendam air dan membusuk,” jelasnya, Kamis (21/12/2017).

Menurutnya, ratusan hektar lahan pertanian dan perumahan warga ditiga Desa rata-rata 50 persen terendam air. Akibat dari genangan air tersebut, masyarakat mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Baca juga: Kunjungan Prodi Ekonomi STKIP Bangkalan Disambut Antusian BI Surabaya – 

“Genangan air lahan pertanian yang tergenang di tiga desa, rata – rata mencapai 50 persen, ini petani yang sudah mengeluarkan biaya tanam kurang lebih ratusan juta rupiah,” ungkapnya.

Sutrisno menjelaskan, Jebolnya tanggul memang sudah dari tahun kemarin, dan kondisi kontruksinya rusak rapuh kurang lebih sudah lima tahun terakhir.

Ia berharap kepada pemerintah dan instansi terkait, khususnya Dinas Pengairan, supaya cepat memperbaiki tanggul agar tidak terjadi luapan air lagi.

“Saya sudah melaporkan ke pihak pemerintah Desa, tapi tidak ada jawaban, dan terpakasa nantinya
kami akan melakukan gotong royong untuk memperbaiki tanggul. Takut ada hujan lebat lagi antisipasi luapan air susulan,” tandasnya.

Reporter : Ach Fajar
Editor : Panji Agira
Publisher : Tolak Imam

Tinggalkan Balasan