Hindari Penyakit Difteri, Dinkes Pamekasan Ajak Imunisasi Lengkap Sejak Dini

oleh -21 views
Foto: Kepala Dinas Kesehatan Pamekadan dr. Saifudin saat diwawancarai awak media.

PAMEKASAN, Rabu (26/06) suaraindonesia-news.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran pentingnya imunisasi lengkap guna mencegah penyebaran penyakit difteri pada balita dan anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan, dr. Saifudin, menyatakan bahwa difteri adalah penyakit berbahaya yang menyerang saluran pernapasan.

“Difteri dapat menutup saluran pernapasan dengan flek putih, menghambat sirkulasi pernapasan, dan memerlukan tindakan medis seperti pembuatan lubang di leher untuk pernapasan,” jelas dr. Saifudin.

Sejak awal Juni hingga hari ini, lima anak di Pamekasan telah terinfeksi difteri.

Baca Juga: PJ Bupati Pamekasan Serahkan SK Perpanjangan Kepada 159 Kades se Kabupaten Pamekasan

“Imunisasi lengkap sejak dini adalah langkah preventif paling efektif untuk melindungi anak-anak dari penyakit menular seperti difteri,” tegasnya.

Dr. Saifudin menambahkan bahwa peran orang tua dan keluarga sangat penting dalam mendukung program imunisasi.

“Pencegahan penyakit bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga kewajiban seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kesehatan bersama, khususnya bayi dan anak-anak,” tandasnya.

Dinkes Pamekasan mengajak seluruh masyarakat untuk aktif mengikuti jadwal imunisasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui petugas bidan di setiap desa. Upaya ini diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit difteri dan memastikan kesehatan optimal bagi anak-anak di Pamekasan.

Reporter: May
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan