Genap Satu Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang

Satori, Koordinator Forum Kajian Pembangunan Desa.

Oleh : Satori
Koordinator Forum Kajian Pembangunan Desa

LUMAJANG – Melihat gaya kepemimpinan Bupati Lumajang, H Thoriqul Haq MML yang lebih dikenal dengan panggilan Cak Thoriq ini, selalu menampilkan dirinya dengan tegas dan berani. Mengingatkan saya pada Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang selalu tampil berani dan tegas dalam menghadapi persoalan Kota Surabaya.

Penampilan Cak Thoriq yang membawa jarjon Lumajang Hebat, Lumajang Bermartabat, menandai setiap keputusan dan kebijakannya yang selalu mengedepankan profesionalitas, disiplin dan berani. Dalam merespon berbagai masalah Cak Thoriq bersama Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati yang dipanggil Bunda Indah ini, tentu sangat tegas dan berani dalam mengambil keputusan yang beresiko, asalkan Lumajang bisa menjadi hebat dan bermartabat itu harapannya.

Rekam jejak Bupati Lumajang dalam menjalankan roda Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lumajang, sejak awal sampai detik ini genap satu tahun memimpin cukup menunjukkan komitmennya dalam membangun Lumajang hebat. Dan sembari menunggu implementasi progran yang ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang merupakan panduan dalam menjalanjakan roda Pemkab Lumajang.

Dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Kemendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencaaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. Dalam penyusunan RPJMD tidak lepas dari visi-misi serta program bupati yang menjadi rujukan. Segala bentuk kinerja yang akan dilakukan adalah sebuah rujukan terhadap visi besar Bupati yakni “Lumajang Hebat Bermartabat”.

Jika mengamati arah dan prioritas pembangunan yang hendak dilakukan oleh Bupati Lumajang saat ini adalah “Lumajang hebat” bisa jadi hebat yang dimaksud adalah melampui lompatan Bupati Lumajang sebelumnya, seperti hebat dalam pembangunan ekonomi, hebat dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM), hebat dalam pembangunan infrastruktur dan hebat dalam pembangunan pariwisata. Mungkin masih banyak lagi program yang akan ditawarkan oleh bupati Lumajang.

Adapun lompatan-lompatan yang sudah dilakukan oleh Bupati Lumajang yakni, keputusan untuk melakukan mutasi dan pembenahan birokrasi serta penutupan tempat-tempat hiburan dan kemaksiatan. Hal ini telah dilbuktikan oleh bupati Lumajang dengan cepat, walaupun dianggap politis dan pencitraan dengan melakukan keputusan tersebut.

Apa yang menjadi janji bupati Lumajang yang akrab dipanggil cak thoriq terkait 20 programnya menurut saya ini masih dipermukaan belum semua program terealisasi sesuai janjinya. Namun disetiap forum Bupati selalu menyampaikan ke publik perihal semangat melakukan percepatan peningkatkan ekonomi dan sumber daya manusia (SDM) Lumajang dengan memberikan beasiswa bagi siswa maupun mahasiswa yang berperestasi. Apa yang disampaikan oleh bupati tersebut menurut saya sebuah optimisme membangun perubahan untuk terus melangkah bersama mewujudkan Lumajang yang hebat.

Lumajang hebat adalah cita-cita yang menjadi jargon Cak Thoriq selama memimpin Lumajang. Jika dilihat ada beberapa program prioritas pasangan Thoriq – Indah yakni, percepatan reformasi birokrasi, pembangunan industri pariwisata, meningkatkan daya saing Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dan meningkatkan SDM yang unggul. Masih banyak lagi program yang lain dalam visi-misi bupati Lumajang yang ditawarkan pada saat kampanye waktu itu. Pertanyaannya, apakah Bupati mampu membawa lumajang menuju titik hebat?

Dengan segudang potensi yang dialamatkan pada Kabupaten Lumajang sebagai daerah yang memiliki banyak potensi, tidaklah salah ketika masyarakat Lumajang saat ini menguji bahkan menilai kinerja Bupati selama satu tahun memimpin Lumajang, apakah melompat atau lari dengan jauh dan cepat menuju Lumajang yang hebat atau sebaliknya.

Harapan besar masyarakat Lumajang akan dititipkan ke pundak politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Bunda Indah, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lumajang dalam memimpin Lumajang lima tahun kedepan. Harapan-harapan besar itu, tentu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin bisa dilakukan, sebab Lumajang ini kaya akan potensi sumber daya alamnya.

Harapan besar juga akan tercapai bilamana beberapa potensi yang dimiliki Lumajang yang selama ini belum dikelola dengan baik, seperti pengelolaan kawasan wisata, pengelolaan hasil pertanian dan kelautan. Namun, setidaknya harus lebih fokus lagi melakukan upaya terobosan inovasi untuk menuju percepatan menjadi Lumajang yang hebat.

Semoga kepeimpinan Cak Thoriq dan Bunda Indah yang sudah genap satu tahun ini kedepanya diberikan kelancaran dan bisa lebih memaksimalkan potensi yang Lumajang miliki, dengan inovasi baru dan gagasan baru. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here