Gempa Magnitudo 3,9 Guncang Kabupaten Sumenep

oleh -334 views
Foto: Peta Tingkat Guncangan (Shakemap) yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (sumber: BMKG)

SUMENEP, Kamis (12/05/2022) suaraindonesia-news.com – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Sumenep, Madura pada Kamis, 12 Mei 2022 dini hari. Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,9 itu terjadi pada pukul 00:43:03 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat gempa berada di 21 km timur laut Sumenep pada kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan episenter gempa bumi tektonik tersebut terletak pada koordinat 6.89 Lintang Selatan (LS) dan 113.99 Bujur Timur (BT).

Dari analisis BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

BMKG juga memastikan, gempa bumi dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat diimbau tetap mewaspadai potensi terjadinya gempa susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” demikian peringatan yang dikeluarkan BMKG dalam situs resminya.

Gempa tersebut dirasakan dengan skala intensitas II – III Modified Mercalli Intensity (MMI) di wilayah Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 06:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Reporter : Sya
Editor : Redaksi
Publisher : Ipul

Tinggalkan Balasan