Gempa Bumi Tektonik di Sumenep Tak Berpotensi Tsunami

oleh

SUMENEP, Rabu (13/06/2018) suaraindonesia-news.com – Gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Rabu malam (13/06) sekira pukul 20.06 Wib. Rupanya tidak berpotensi terjadinya Tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4.8, dengan episenter pada koordinat 6,88 LS dan 113,94 BT, tepatnya di darat pada jarak sekitar 6 km arah Timur Laut Sumenep dengan kedalaman 12 kilometer.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan melalui pesan rilisnya menyampaikan bahwa peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan di Sumenep II Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau III-IV MMI.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 4,7 SR di Sumenep, Warga Lari Berhamburan 

“Hal ini sesuai dengan informasi dari masyarakat yang merasakan gempabumi ini cukup kuat dan beberapa rumah mengalami kerusakan,” terang M. Taufik pada media, Rabu malam (13/06).

Menurut M. Taufik, gempa bumi yang menimpa Kabupten ujung timur pulau Madura tersebut merupakan jenis gempa bumi Intraplate dengan Hiposenter dangkal, akibat aktivitas patahan lokal.

“Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” sambungnya.

Pihaknya pun menghimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang, utamanya tidak terpengaruh isu seputaran terjadinya Tsunami.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan jangan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkas M. Taufiq

Reporter : Syaiful
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *